Kapoldasu Akan Jadi Pembicara Diskusi Peradi RBA Medan

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, akan menjadi salah satu pembicara dalam diskusi publik di acara pelantikan pengurus Peradi RBA Medan, di Hotel Le Polonia, 7 Maret 2020.

Hal itu ditegaskannya kepada tim panitia pelantikan di kantornya, Selasa (25/2).

“Saya akan datang dan siap menjadi pembicara. Mudah-mudahan pada hari itu tidak ada tugas penting dan mendesak,” kata Martuani seraya memerintahkan AKBP Budiman dari Direktorat Hukum Poldasu untuk menyiapkan makalahnya.

“Bagus buat makalahnya, kita berhadapan dengan para cendikiawan ini,” canda Sormin dan disambut tawa yang hadir pada saat itu.

Martuani didampingi Dir Res Narkoba Kombes Pol Hendri Marpaung, Wadir Reskrimum AKBP Donald Simanjuntak, AKBP Budiman dari Kabidbinkum, Wadir Reskrimsus AKBP Bagus, dan Sespri Kapolda Kompol Oloan Siahaan, sebelumnya memperkenalkan seluruh personil yang mendampingi.

Mantan Kapolda Papua ini menjelaskan, saat ini Polda Sumut sangat intens memutus peredaraan narkoba di Sumut.

Ini sangat berbahaya karena mengancam jiwa penduduk Sumatera Utara, termasuk generasi mudanya. Besok-besok anak-anak kita bisa jadi korban, kata Martuani serius.

“Saya sudah perintahkan Dir Narkoba untuk mengambil tindakan tegas terhadap para pengedar termasuk oknum polisi jika terbukti memiliki narkoba. Lebih baik menembak mati seorang gembong narkoba dari pada nanti dia membunuh rakyat Sumatera Utara,” tegasnya.

Penembak mati teroris di kawasan Sarinah, Jakarta itu menyebutkan banyak tugas berat lainnya yang harus dilaksanakan Poldasu, untuk memberikan rasa nyaman bagi warganya. Di antaranya pemberantasan judi, begal yang masih saja terjadi, intoleransi dan lainnya.

“Dengan dukungan warga Sumut, saya yakin polisi bisa mengatasinya,” ujar ayah dari 2 putri dan 1 putra itu.

Sebelumnya tim panitia pelantikan pengurus Peradi RBA Kota Medan dipimpin Ketua Panitia Gerald Siahaan SE SH MM, didampingi Ketua Peradi RBA Kota Medan Hendrik PS Napitupulu SH MH, Ngiahken Ginting SH (Dewan Kehormatan), Iskandar Simatupang SH, Fatimah Siregar SH, Hotnida Jumei Hutauruk SH, Andam Sury Lili SS, menyampaikan undangan kepada Kapoldasu dan meminta kesediaannya untuk menjadi salah seorang pembicara dalam diskusi publik bertajuk “contemp of court.”

Audiensi selama 2 jam berlangsung penuh keakraban di isi dengan pembicaraan serius dan canda dari Kapoldasu.(wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN