Jelang UNBK Ortu Keluhkan “Pengadaan Laptop”, Dewan Desak Disdik Medan Antisipasi

Anggota DPRD Medan, Surianto SH. (WOL Photo/M. Rizki)

MEDAN, Waspada.co.id – Diperkirakan tanggal 20 April – 23 April 2020 mendatang seluruh siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat akan memasuki Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Mata pelajaran yang diujikan pun antara lain Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Namun, moment bersejarah ini dianggap momok yang menakutkan bagi sejumlah siswa. Bukan hanya soal ketakutan tidak lulus UNBK, tetapi siswa siswi harus memikirkan biaya rental laptop bagi sekolah yang kekurangan fasilitas laptop/komputer.

Kegundahan itu diungkapkan Putri, salah seorang dari orang tua murid yang enggan nama sekolahnya disebut. “Sekolah mengimbau ke orang tua siswa untuk menyewa laptop. Karena di sekolah itu komputernya kurang. Kan nggak semua orang tua siswa mampu membayar,” herannya, Kamis (13/2).

Menyikapi hal itu, anggota Komisi II DPRD Medan Surianto SH, meminta Dinas Pendidikan Medan jangan melihat persoalan hanya di permukaan saja. Ada baiknya ditinjau ke lapangan, guna mengetahui persoalan dan dicarikan solusinya.

“Kasihan siswa yang tak mampu menyewa laptop. Terus, apa dia nggak berhak ikut ujian? Seharusnya ada solusi atas persoalan ini,” pintanya.

Butong sapaan akrabnya menyarankan, di Kota Medan banyak universitas yang bisa diajak kerja sama. Tinggal bagaimana Disdik Medan melakukan koordinasi. “Ada USU, UMSU, UISU, Dharmawangsa, dan masih banyak kampus lainnya di Medan. Kan bisa diajak kerja sama? Nggak ada yang sulit kalau kita sama-sama mau koordinasi,” imbuhnya.

Sebelumnya Plt Kadis Pendidikan Medan Masrul Badri, menyebutkan tidak ada hambatan yang signifikan atas pelaksanaan UNBK di Kota Medan. Seperti tahun yang lalu, semua berjalan lancar.

“Tahun yang lalu UNBK di Medan berjalan sukses tanpa ada hambatan yang berarti. Setelah setahun berlalu, sudah barang tentu sekolah telah mengantisipasi cara mengatasi hambatan itu,” jawabnya singkat.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN