Jabat Ketua Pansus Ranperda Adminduk, Parlindungan Targetkan 4 Bulan

Foto: Ketua Pansus Adminduk, Parlindungan Sipahutar pakai baju biru kotak-kotak, memberikan keterangan kepada wartawan, Selasa (18/2)

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota DPRD Medan yang bergabung di Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Kota Medan tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Tahun 2020 berhasil menetapkan komposisi personalia. Melalui pemilihan yang dipimpin Ketua DPRD Medan Hasyim SE menetapkan Parlindungan Sipahutar sebagai Ketua Pansus dan Edi Saputra sebagai Wakil Ketua di ruang Banmus, Selasa (18/2).

Rapat pemilihan dihadiri, Parlindungan Sipahutar (Demokrat), Mulia Syahputra Nasution (Gerindra), Rudianto Simangunsong (PKS), Abd Latif Lubis (PKS), Habiburrahman Sinuraya (Nasdem) serta Staf Sekretariat DPRD Medan Alida dan Hasanuddin. Usai terpilih sebagai Ketua Pansus, ia langsung memimpin rapat dan menyusun jadwal kinerja Pansus.

Kepada sejumlah awak media Parlindungan menyebutkan pansus akan bekerja maksimal dan merampungkan target paling 4 bulan.

“Kita akan prioritaskan demi kepentingan hak dasar warga Kota Medan terkait adminduk yang selama ini mungkin terabaikan,” ujarnya.

Ditambahkan, dalam perda akan mengatur banyak hal terkait kepentingan publik. Seperti pengaturan masa berlaku KTP seumur hidup yang selama ini belum tercantum dalam perda dan selanjutnya akan di atur. Selain itu, penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) akan diadopsi dalam perda yang bakal dibahas. Sama halnya masalah tuntutan online system harus memiliki payung hukum dalam perda.

Begitu juga dengan masalah konsep tarif harus mendorong kepatuhan. Tujuannya, untuk mengatur tarif agar nantinya warga lebih tertib dan patuh. Menghindari pengurusan tidak membludak agar petugas di Disdukcapil tidak kewalahan.(wol/mrz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN