Ini Kata GEMA-Paluta Soal Ketua DPRD Dukung PT CIS

Wakil Ketua GEMA-Paluta, Iman Harahap.

PALUTA, Waspada.co.id – Wakil Ketua GEMA-Paluta, Iman Harahap, sangat menyayangkan pernyataan Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap, yang terkesan mendukung keberadaan PT Cahaya Inti Sawait (PT CIS) di Desa Kosik Putih Kecamatan Simangambat meskipun beroperasi tanpa izin dan melanggar kawasan hutan register 40.

“Kita sangat menyayangkan pernyataan Ketua DPRD Paluta terkait keberadaan PT CIS yang tidak memiliki izin. Berdasarkan Permen 107/2015 tentang Izin Usaha Industri, pasal 2 menyebutkan setiap usaha industri wajib memiliki izin usaha industri,” tegasnya, Jumat (21/2).

Dijelaskan, pada tahun 2016 pabrik tersebut sudah pernah ditutup paksa Polres Tapanuli Selatan sewaktu dijabat oleh P Siregar. Namun tiba-tiba dibuka kembali tanpa alasan yang tidak jelas.

“Seharusnya seorang Ketua DPRD melihat persoalan tersebut lebih universal, bukan hanya berdasarkan pada kepentingan masyarat sekitar. Karena wilayah Padang Lawas Utara bukan hanya di daerah lokasi usaha industri itu (PT CIS) berdiri,” ketusnya.

Selain tidak memberikan sumbangisih pada pendapatan asli daerah (PAD) Paluta, PT CIS juga diduga memberikan dampak buruk terhadap ekologi sekitar.

“Kita berharap pemerintah lebih tegas menindak perusahaan yang tidak memiliki izin. Agar sejalan dengan visi misi Bupati Padang Lawas Utara, Andar Amin Harahap,” pungkasnya.(wol/bon/data2)

Editor: SASTROY BANGUN