Ijeck: Isi Sensus Penduduk Online Cepat dan Mudah

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, mengajak masyarakat untuk menyukseskan Sensus Penduduk Online 2020 dengan mengisi data secara benar. Hal tersebut akan membantu pemerintah dalam menentukan kebijakan pembangunan yang akurat.

Demikian disampaikan Wagubsu ketika mengisi langsung Sensus Penduduk Online 2020 didampingi petugas Badan Pusat Statistik (BPS) di ruang kerja lantai 9 Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro Medan, Selasa (25/2).

“Saya berharap seluruh masyarakat Sumut ikut mengisi (input) data di sensus penduduk online (sensus.bps.go.id), agar semua bisa terbantu. Masyarakat punya data yang tersimpan dan pemerintah punya data masyarakat,” kata Wagub.

Menurut Wagub, mengisi data di sensus penduduk online sangat mudah. Pria ganteng yang akrab disapa Ijeck ini sama sekali tidak merasa kesulitan sewaktu menginput data serta membutuhkan waktu yang singkat.

“Sama sekali tidak ada kesulitan, mudah dan cepat,” kata Wagub.

Dikatakan, program sensus penduduk secara mandiri adalah hal baru. Sebab itu, perlu dilakukan sosialisasi secara luas dan sinergi di jajaran pemerintahan. Ijeck meminta sosialisasi harus sampai ke tingkat desa. Namun BPS tidak bisa bekerja sendiri dan jajaran pemerintah setiap tingkatan harus membantu.

Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi menyampaikan saat ini sudah ada kurang lebih 160 ribu warga Sumut yang mengisi data di sensus penduduk mandiri. Sensus penduduk online sudah dilakukan sejak 15 Februari yang berakhir 31 Maret mendatang. Diakui, proses sosialisasi sudah sampai ke tingkat kepala desa.

Sebelumnya, BPS Sumut juga telah menyosialisasikan sensus penduduk online kepada kepala daerah. Syech menambahkan sosialisasi kepada kepala daerah dilakukan agar menjadi contoh bagi masyarakat Sumut.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL