Gubsu Pastikan Pelayanan Kesehatan Sampai Pelosok Desa

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

ULU GODANG, Waspada.co.id – Di sela-sela kunjungan kerjanya di Mandailing Natal (Madina), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengunjungi acara bakti sosial dan pengobatan gratis di Halaman UPT Puskesmas Ulu Pungkut, Kelurahan Huta Godang, Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Madina, Sabtu (22/2).

Hal ini dilakukan untuk memastikan pelayanan kesehatan sampai ke pelosok desa. Adapun kedatangan Gubsu bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi disambut antusias oleh masyarakat setempat. Usai menyapa dan menyalami warga, Gubsu dan Ketua TP PKK meninjau berbagai kegiatan di acara bakti sosial tersebut, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga pengobatan gratis.

“Sakit apa Ayah? Sama siapa datang ke sini? Rajin-rajin cek kesehatan nanti yah,” ujar Edy menyapa salah seorang warga lanjut usia yang sedang menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Saya ingin kegiatan seperti ini sebenarnya harus setiap bulan dilakukan. Jangan hanya ketika saya datang saja. Pelayanan kesehatan masyarakat adalah salah satu prioritas kita dan ini adalah bentuk implementasinya. Saya akan keliling melihat warga,” ujar Edy.

Bakti sosial dan pengobatan gratis yang dilaksanakan dalam rangka kunjungan kerja Gubsu ke Madina ini melibatkan Bakti Kesehatan Bermartabat Sumut dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Madina. Sedikitnya ada 12 dokter yang terlibat dalam kegiatan bhakti sosial tersebut.

“Bakti sosial pelayanan kesehatan kali ini, kami memberikan pelayanan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan umum. Kebanyakan mereka untuk cek, yakni tekanan darah, gula darah, asam urat dan kesehatan gigi,” ujar drg Adelina Lubis.

Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi yang juga Duta Tuberkulosis Sumut menyampaikan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan mengajak masyarakat untuk rutin melakukan cek kesehatan.

“Kepada masyarakat, terkhususnya yang berada di Ulu Pungkut harus rutin melakukan cek kesehatan, kalau merasa sakit langsung periksakan diri ke puskesmas terdekat,” imbau Nawal. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL