Giggs: Cantona Paling Pas Duet Rashford

foto: twitter

MANCHESTER, Waspada.co.id – Marcus Rashford diklaim sebagai striker paling subur Manchester United di musim ini. Ryan Giggs, mantan winger MU, diajak berandai-andai membayangkan legenda Setan Merah yang pantas menjadi duet Rashford di lini depan.

Kepergian Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez di musim panas menjadi berkah bagi Rashford. Pelatih Ole Gunnar Solskjaer pun menjadikannya sebagai tumpuan karena gagal mendapatkan striker pengganti yang sepadan.

Untungnya, Rashford bisa menjawab kepercayaan pelatih. Striker berusia 22 tahun itu menjadi penyerang subur musim ini dengan catatan 19 gol dari 31 penampilan. Dampaknya semakin terasa begitu Rashford mengalami cedera yang membuatnya absen lama. The Red Devils pun sampai kesulitan mencari sosok penggantinya.

Musim ini, Rashford membentuk trio penyerang bersama Daniel James dan Anthony Martial. Namun Giggs yang kini menjadi pelatih Timnas Wales merasa bahwa Rashford butuh sosok dengan fisik kuat dan visi tajam seperti Eric Cantona.

“Dia berbeda. Anda lihat dia di sana, lihat betapa besarnya dia. Orang-orang tak sadar betapa besar dan kuatnya dia. Ia seperti seorang target man tapi juga memiliki sedikit sentuhan,” ujar Giggs, Kamis (6/2).

“Bagi Anda, ia adalah sebuah mimpi. Anda tahu saat melakukan lari seperti itu, ia akan selalu menemukan Anda dan Anda tidak perlu berhenti melangkah. Terkadang dalam permainan, Anda berlari, tapi tidak ada yang menemukan Anda,” lanjutnya.

“Begitu Eric (Cantona) mendapatkan bola, dia tidak tertarik mencetak gol – dia selalu ingin mencetak gol – tapi dia juga punya rasa senang untuk membuat assist. Dia adalah sosok yang brilian untuk diajak bermain,” pungkasnya.

Semasa memperkuat MU di era Sir Alex Ferguson, Cantona memang menjadi aktor utama serangan tim. Meski memiliki naluri mencetak gol yang tinggi, The King lebih banyak memberi assist kepada Mark Hughes, Denis Irwin, Brian McClair, Andy Cole, David Beckham, Solskjaer, dan tentu saja Giggs sendiri.

Saat pensiun muda di usia 30 tahun, Cantona mempersembahkan 82 gol 50 assist lebih dalam 185 penampilan. Legenda MU yang dijuluki The King of Old Trafford atau The King of Manchester ini juga menyumbang sembilan gelar bergengsi dan lima gelar individu. (wol/aa/metronews/wiki/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL