Gerindra Bakal Dukung Gibran di Pilkada Solo?

Gibran Rakabuming Raka (Foto: Okezone)

SEMARANG, Waspada.co.id – Partai Gerindra memberikan sinyal mendukung putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo 2020. Bahkan, hal itu juga sudah dibahas oleh Ketua Umum Prabowo Subianto dan Sekjen Ahmad Muzani.

Hal ini disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Abdul Wachid saat syukuran Hari Kelahiran Gerindra di Kantor DPD Gerindra Jawa Tengah di Semarang, Kamis (6/2).

“Yang kami terima saat komunikasi dengan DPP, Pak Ketum dan Sekjen, untuk Solo kita tanyakan, Pak Sekjen bilang bahwa kita condong ke Gibran. Jadi ya itu buat kami sudah tanda atau sinyal,” kata Wachid.

Sejauh ini, telah ada beberapa partai politik yang menyatakan bakal mendukung Gibran di Pilwalkot Solo. Meski belum resmi mengusung karena pendaftaran bakal calon wali kota belum dibuka, ada 8 parpol yang sudah memberi sinyal.

Mereka adalah PKS, PAN, PPP, PKB, NasDem, Golkar, Demokrat, dan Gerindra. Meski Gibran sudah menjadi kader PDIP, namun pengurus partai banteng belum memiliki putusan final siapa yang akan diusung.

Selain mendukung Gibran di Pilwakot Solo, Gerindra juga menyatakan dukungannya terhadap petahana Hendrar Prihadi di Pilwakot Semarang. Dukungan diberikan merujuk pada hasil survei.

“Kalau di Semarang, jujur kita tidak punya jago dan Semarang kami cermati mas Hendi (Hendrar Prihadi) yang terbaik dan memuaskan warga Semarang. Hasil survei nya tinggi sekali,” tambah Wachid.

Sama seperti Gibran, Hendrar juga merupakan kader PDIP.

Diluar nama Gibran dan Hendrar Prihadi yang dipastikan mengantongi rekomendasi dari DPP PDIP untuk Pilwakot Solo dan Semarang, Gerindra tetap terbuka untuk berkoalisi dengan parpol mana pun untuk menghadapi Pilkada serentak di 21 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. (cnnindonesia/ags/data3)