FHI Kota Medan Dukung Kebijakan Menteri Nadiem Soal Dana BOS

Koordinator Forum Honorer Kota Medan, Fahrul Lubis.

MEDAN, Waspada.co.id – Janji pemerintah untuk mensejahterakan guru khususnya guru honorer di sekolah negeri, sebentar lagi bakal terwujud. Sebab, di bawah kepemimpinan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, 50 persen dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) akan diperuntukkan kepada guru honor. Sikap tersebut mendapat apresiasi dari Forum Honorer Indonesia (FHI) Kota Medan.

Ketua FHI Kota Medan, Fahrul Lubis, mengatakan langkah yang diambil Menteri Pendidikan Nadiem Makarim sudah sangat baik. Namun, ada kendala di lapangan jika wacana tersebut terealisasi.

“Tidak semua guru honor sekolah negeri mengantongi NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Kita ambil contoh di Medan, kebanyakan guru honornya tidak punya salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan itu,” ungkapnya kepada Waspada Online, Rabu (19/2).

Dijelaskan Fahrul, NUPTK merupakan nomor induk bagi seorang pendidik atau tenaga kependidikan. Sementara syarat untuk mendapatkannya, si guru honor harus memegang surat keterangan (SK) pengangkatan dari Kadis Pendidikan atau Wali Kota Medan.

“Tahun 2017 dan 2018 lalu guru honor sekolah negeri yang sudah lama, menerima SK itu. Tapi, bagi guru honor yang masuk di tahun setelahnya, masih SK kepala sekolah. Makanya saya katakan, masih banyak guru honor yang belum punya NUPTK dan terancam tidak menerima bantuan dana BOS yang 50 persen itu,” terangnya.

Mengingat masih banyak guru honor sekolah negeri yang belum punya NUPTK, lanjut Fahrul, pihaknya akan berkoordinasi dengan Komisi II DPRD Medan guna mengakomodir semua harapan tersebut.

“Sekali lagi yang perlu ditekankan oleh Disdik Medan, kebijakan memberikan bantuan 50 persen dana BOS untuk guru honor sekolah negeri itu kebijakan pemerintah pusat. Jadi pemerintah daerah wajib menjalankannya. Tak ada korelasinya double cost. Selama untuk kepentingan mensejahterakan guru, boleh menggunakan dari dana apa saja,” ketusnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN