Edy: Sekolah Barometer Kemajuan Daerah

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi. (Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu)

PANTAI LABU, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, meresmikan satu Unit Sekolah Baru (USB) SMAN 1 Beringin Jalan Pantai Labu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Jumat (7/2).

Ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) terhadap pengembangan dunia pendidikan di daerah ini. Gedung baru yang dibangun Pemprovsu tersebut berada di atas lahan seluas dua hektar terdiri atas delapan ruang kelas, ruang perpustakaan, satu laboratorium komputer, ruang guru, tata usaha, dan ruang kepala sekolah.

Peresmian ditandai penandatanganan prasasti oleh Gubsu dan pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi. Pada kesempatan itu, Gubsu menyampaikan keberadaan bangunan gedung sekolah sangat penting dalam pengembangan dan pertumbuhan pendidikan dan upaya mewujudkan pemerataan pembangunan pendidikan itu sendiri.

Gedung sekolah sebagai prasarana pendidikan juga dibutuhkan dalam upaya peningkatan kualitas dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Karena itu, menurut Edy, sekolah menjadi salah satu barometer kemajuan sebuah daerah dan harus ditata dengan baik, agar kelak menghasilkan generasi penerus sehingga terwujud kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Sumut.

“Sekolah ini adalah barometer, sangat penting sekolah ini, makanya harus ditata,” ujar Gubernur didampingi Bupati Deliserdang Ashari Tambunan dan Ketua TP PKK Deliserdang Yunita Ashari Tambunan.

Gubsu dan Bupati Deliserdang serta rombongan juga meninjau ruang kelas dan bangunan baru di sekolah tersebut. Di depan siswa, Edy menyampaikan ada tiga hal yang harus dilakukan seseorang agar berhasil dan sukses, yaitu akhlak, tekun belajar serta olahraga.

“Ketiganya harus dilakukan. Salah satu saja tidak dilakukan, maka kita tidak akan berhasil,” pesan Edy kepada para siswa.

Kepala SMAN 1 Beringin, Arya Novika Naulista Siregar, merasa senang dan berterima kasih kepada Pemprovsu atas pembangunan dan peresmian gedung sekolah. Apalagi selama ini SMAN 1 Beringin melaksanakan kegiatan belajar mengajarnya di SMPN 1 Beringin sejak pertama kali berdiri pada tahun 2016.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL