City Tak Bakal Jual Pemain Bintang

Foto: mcfc

MANCHESTER, Waspada.co.id – Meski dilarang tampil di kompetisi antarklub Eropa hingga dua musim ke depan, Kieran Maguire meyakini Manchester City tidak akan menjual para pemain bintang mereka.

Perhitungan itu dikeluarkan pakar keuangan sepakbola tersebut, karena batas kerugian yang diperbolehkan tiap tim Liga Premier jauh lebih lunak ketimbang UEFA. Pada 15 Februari lalu, City dihukum UEFA dilarang tampil di kompetisi antarklub Eropa hinggga dua musim.

Hal itu karena The Citizens melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) yang diterapkan UEFA. Selain menggelembungkan dana sponsor, City juga diduga mengalami kerugian lebih dari 30 juta euro atau sekira Rp447,3 miliar selama tiga musim. Sama seperti UEFA, FA menerapkan aturan FFP.

Hanya saja, FA mengizinkan setiap tim merugi hingga 105 juta pounds atau sekira Rp1,86 triliun selama tiga musim. Karena itu, di saat mereka menjalani hukuman larangan tampil di Liga Champions dari UEFA, City masih bisa belanja pemain.

Sebab, kerugian yang mereka alami selagi menjalani hukuman takkan dihitung UEFA. Karena alasan itu, Maguire optimistis City tidak akan menjual pemain bintang mereka pada musim panas nanti.

“Man City tidak akan menjual pemain-pemain bintang mereka. Man City akan mendapat manfaat dari larangan tampil di Liga Champions. Di UEFA, setiap tim dilarang rugi hingga 30 juta euro selama tiga musim. Di Liga Premier dalam waktu yang sama, setiap tim diizinkan merugi hingga 105 juta pounds,” kata Maguire, Jumat (21/2). (wol/aa/dailymail/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL