China Coba Yakinkan Negara ASEAN soal Penanganan Wabah Covid-19

Virus corona di China (Chinatopix via AP)

VIENTIANE, Waspada.co.id – Menteri Luar Negeri China, Wang Yi meyakinkan negara-negara Asia Tenggara bahwa situasi di Provinsi Hubei, China tengah di mana wabah virus korona baru, atau Covid-19 mulai menyebar, telah “terkendali secara efektif”.

Hal itu disampaikannya saat berpidato di depan para diplomat dan menteri luar negeri ASEAN di Ibu Kota Laos, Vientiane, Rabu 19 Februari 2020.

ASEAN telah menyatakan keprihatinannya terkait wabah Covid-19, dan akan mengadakan pertemuan darurat, pada Kamis, 20 Februari 2020, untuk membahas penyakit tersebut, demikian diwartakan VOA, Kamis (20/2).

Hingga saat ini enam negara ASEAN telah mengonfirmasi bahwa ada warga yang terjangkit virus Covid-19 itu.

Laos belum melaporkan adanya infeksi, demikian pula Indonesia, Brunei dan Myanmar. Tetapi, negara ASEAN lainnya, termasuk Singapura, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Kamboja, memiliki jumlah kasus yang bervariasi.

Kematian pertama akibat virus Covid-19 di luar daratan China terjadi di Filipina. Lebih dari 75.000 orang telah terinfeksi secara global, dengan lebih dari 2.000 kematian yang sebagian besar terjadi di China. (okz/data2)