BPS Terus Gencar Ajak Masyarakat Mengisi Sensus Penduduk Online

Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi.

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Badan Pusat Statistik Sumatera Utara, Syech Suhaimi, meminta masyarakat untuk mengisi sensus penduduk online dengan lengkap sampai 31 Maret 2020.
“Sensus Penduduk (SP) 2020 online juga dapat di isi juga melalui situs resmi di sensus.bps.go.id,” tuturnya, Jumat (21/2).

Di mana nantinya, akan terhubung ke database, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan langsung tampil data keluarga. Warga diminta menjawab 19 pertanyaan.

“Di antaranya, jika ada anak kita sekarang sudah kuliah dia tinggal di luar kota, harus disampaikan. Di situ anak tinggal di mana harus diterapkan sampai ke level RT-nya. Setelah masa sensus penduduk selesai, sensus “door to door” dilakukan pada bulan Juli 2020. Sensus ini dilakukan pada warga yang tidak mengikuti sensus online. Sensus dijalankan dengan 2 cara, yakni petugas datang dengan kertas dan dengan gadget.” ucapnya.

Di bulan Juli 2020 nanti, untuk daerah perkotaan itu menggunakan hp (gadget), bedanya apa dengan yang online, kalau online kita mengakses langsung website sensus.BPS.go.id.

“Kemudian, sensus door to door menggunakan gadget warga menginstal aplikasi. Nanti yang menginstal petugas wawancara, warga juga diwawancara untuk mengisi kuisioner. Sedangkan sensus kertas, dilakukan petugas seperti sensus biasanya. Sensus ini kita utamakan di daerah luar perkotaan,” tandasnya.(wol/eko/data3)

Editor: SASTROY BANGUN