BPS Paluta Sosialisasikan Sensus Penduduk Online ke ASN dan Honorer

WOL Photo

PALUTA, Waspada.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Padang Lawas Utara (Paluta), Senin (24/2) kemarin, mendampingi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer Dinas Pengendalian Penduduk dan KB di lingkungan Pemkab Paluta dalam sosialisasi pengisian sensus penduduk online 2020.

Kegiatan tersebut menindaklanjuti surat Bupati Paluta Nomor 555/kominfo/2020 dan surat Sekda tentang imbauan Sensus Penduduk 2020 ke semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sebelumya pada, Jumat (21/2) lalu, kegiatan yang sama telah dilakukan menjadi Pendamping di Dinas Kominfo Paluta.

Kasi Statistik BPS Paluta, Barryanto Pelawi, mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Paluta dianggap memahami pemakaian android maupun laptop untuk sensus penduduk online, serta peduli terhadap data Statistik.

“Dalam sensus penduduk online diharapkan partisipasi masyarakat untuk sensus mandiri terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara,” ajaknya.

Selain itu Barryanto menjelaskan, masyarakat yang belum melakukan sensus penduduk online terutama desa-desa yang signal internet lemah dan tidak ada sama sekali, BPS Paluta akan melakukan sensus penduduk secara wawancara langsung ke setiap desa dan Kepala Keluarga (KK).

“Sensus penduduk melalui wawancara mulai tanggal 1 sampai 31 Juli 2020 oleh petugas sensus dari BPS. Semua masyarakat akan di data sesuai tema Mencatat Indonesia,” terangnya.

Dalam keterangan akhirnya, pendampingan sensus penduduk online pada seluruh OPD di lingkungan Pemkab Paluta akan dilanjutkan bila jadwal sensus penduduk online 2020 belum selesai.(wol/bon/data2)

Editor: SASTROY BANGUN