BNNP Sumut Ungkap Penyelundupan Sabu 28 Kg Gunakan Truk Tangki

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara (Sumut) mengungkap penyelundupan narkoba menggunakan truk tangki di Jalan Lintas Medan-Aceh, Kelurahan Jati Makmur, Kecamatan Binjai Utara.

Dalam penyelundupan itu petugas menyita 28 kg sabu serta mengamankan dua orang tersangka bernama Abadi Samad (45) pengemudi sopir truk Mitsubishi Canter BM 8108 SD dan Marzuki Ahmad (49) yang merupakan koordinator transporter.

“Modusnya, sabu sebanyak 28 bungkus ini disimpan di dalam tangki bensin dan kotak penyimpanan onderdil kunci truk Mitsubishi Canter BM 8108 SD. Rencananya barang haram ini akan dibawa dari Aceh untuk diedarkan ke Jakarta,” ujar Kepala BNNP Sumut, Brigjen Pol Atrial, Selasa (25/2).

Atrial menyebutkan, truk tanpa muatan itu sudah dimodifikasi untuk membawa narkoba dari Aceh-Medan-Pekanbaru hingga ke Jakarta.

“Bagian truk yang dimodifikasi yakni di bagian tangki bensin dan kotak kunci perkakas,” sebutnya.

Dalam pengungkapan itu, Atrial mengatakan pihaknya mengerahkan anjing pelacak K-9 untuk mengendus barang bukti tersebut.

Alhasil, petugas yang dibantu anjing pelacak mendapati 14 bungkus sabu disimpan di tangki bensin dan 14 bungkus lagi di kotak perkakas truk.

“Kita juga X Ray truk tersebut untuk mencari barang bukti lain yang mungkin saja disimpan di ban, tapi tidak ditemukan,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN