Beroperasi di Register 40, PT CIS Diduga Tak Kantongi Izin

WOL Photo

PALUTA, Waspada.co.id – Pengurus Besar Mahasiswa Padang Lawas Utara sambangi Dinas Perizinan Padang Lawas Utara (Paluta) terkait izin perusahaan pabrik pengolahan kelapa sawit PT Cahaya Inti Sawit (PT CIS) yang terletak di Desa Kosik Putih, Kecamatan Simangambat, Kabupaten Paluta, Jumat (14/2).

Kordinator aksi Jainuddin Harahap, menuntut agar bisa bertemu kepala dinas perizinan untuk mempertanyakan beberapa poin tuntutannya di antaranya mengenai izin berdirinya PT CIS yang telah beroprasi kurang lebih selama sepuluh tahun ini diduga tidak memiliki izin dan berdiri di atas lahan register 40.

“Bahwa keberadaan PT CIS telah menjadi polemik bagi masyarakan di sekitarnya. Karena dampak pengolahan limbah pabrik sangat merugikan warga sekitar,” ketusnya.

Setelah berorasi sekitar sepuluh menit, akhirnya mahasiswa dapat bertemu dengan Kepala Dinas Perizinan Kabupaten Paluta Maralobi. Dijelaskan, apa yang menjadi dugaan adik-adik mahasiswa adalah benar.

“Memang benar bahwa, pabrik pengolahan kelapa sawit PT Cahaya Inti Sawit (PT CIS) secara administrasi tidak memiliki izin oprasi di wilayah Padang Lawas Utara,” ungkapnya.

Advertisement

Seolah tak ingin dipersalahkan, Maralobi berkilah kalau pihaknya kerap menyurati perusahan tersebut untuk segara melakukan pengurusan izin.

Mendengar jawaban itu, Jainuddin Harahap akan mendesak DPRD Paluta segera membentuk tim pansus penanganan maladministrasi pabrik kelapa sawit PT Cahaya Inti Sawit (PT CIS) yang berdiri di atas lahan register 40, serta mengancam keberlangsungan hidup warga Desa Kosik Putih Kecamatan Simangambat Kabupaten Paluta.(wol/bon/data2)

Editor: SASTROY BANGUN