Baru Mengundurkan Diri, Mahathir Kembali Dilantik sebagai PM Interim Malaysia

Perdana Menteri (PM) Interim Malaysia, Mahathir Mohamad (REUTERS)

PUTRAJAYA, Waspada.co.id – Mahathir Mohamad Kembali Dilantik sebagai PM Interim Malaysia, setelah sebelumnya Mahathir Mohamad secara mengejutkan menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia kepada Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong.

Pengunduran diri Mahathir, yang terpilih kembali dalam pemilihan umum Malaysia 2018, diterima dengan baik oleh Raja Malaysia, Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah. Namun, Sultan Abdullah kemudian mengangkat pemimpin berusia 94 tahun itu sebagai perdana menteri Interim untuk melanjutkan tugasnya sampai perdana menteri baru dilantik dan kabinet baru dibentuk.

“Baginda telah berkenan melantik YAB Tun Dr. Mahathir bin Mohamad sebagai Perdana Menteri interim, sementara menunggu pelantikan Perdana Menteri yang baru sesuai butir 43 (2)(a) konstitusi federal,” demikian disampaikan Sekretariat Negara Malaysia dalam pernyataannya pada Senin, 24 Februari 2020.

Berdasarkan laporan The Star, Mahathir telah kembali ke kantornya di Perdana Putra, Putrajaya pada Selasa, 25 Februari 2020, dan melanjutkan tugasnya sebagai PM interim Malaysia.

PM Mahathir adalah satu-satunya dari pemerintahan Pakatan Harapan (PKR) yang tersisa setelah Yang di-Pertuan Agong membatalkan pengangkatan semua anggota Kabinet.

Selain para menteri, tugas anggota administrasi pemerintahan Malaysia lainnya termasuk wakil perdana menteri, wakil menteri dan sekretaris politik telah berhenti, efektif sejak 24 Februari 2020.

Diketahui bahwa para menteri telah mengemas barang-barang mereka dan pergi pada Senin malam, setelah pengumuman bahwa Raja telah menerima pengunduran diri Mahathir. (cnbc/data2)