Banda Aceh UMKM Expo Sukses Besar, Wali Kota Ingin Event Ini Diadakan Setiap Bulan

(WOL Photo)

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Puluhan ribu masyarakat memadati Banda Aceh UMKM Expo 2020 yang berlangsung selama tiga hari di Taman Bustanussalatin sejak Jumat hingga Minggu (23/02/2020) kemarin.

Selama tiga hari event berlangsung, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman tidak pernah sehari pun absen mengunjungi event ini.

Tiga hari berturut-turut, Wali Kota selalu hadir di Taman Bustanussalatin untuk menyapa warga yang begitu antusias datang ke acara tahunan ini.

Namun tahun depan, Banda Aceh Expo akan menjadi agenda rutin bulanan dengan konsep UMKM Expo guna memberdayakan pelaku UMKM di Banda Aceh yang sudah mencapai lebih 12 ribu anggota.

Ketua Dekranasda Banda Aceh, Nurmiaty AR mengunjungi stand UMKM. (WOL Photo)

“Tahun depan acara seperti ini akan kita adakan setiap bulan, karena saya melihat antusias warga sangat luar biasa, selama tiga hari ini, pedagang UMKM meraup penghasilan yang lebih tinggi dari biasanya,” ujarnya saat menutup Banda Aceh Expo, Minggu (23/02/2020) malam.

Sebanyak 89 pelaku UMKM mengaku senang dengan adanya event Banda Aceh Expo ini. Penghasilan mereka meningkat tajam. Bahkan kuliner khas Grand Hotel Arabia, setiap malam habis terjual selama pameran.

“Jam 9 malam sudah habis, laku keras,” ujar GM Grand Arabia Hotel, Iwan Wahyudi.

Iwan Wahyudi berharap kegiatan seperti ini diadakan sesering mungkin agar UMKM semakin berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung ke Banda Aceh.

(WOL Photo)

Aminullah Usman yang juga pakar ekonomi ini sudah terbukti berhasil membawa Bank Aceh menjadi bank daerah terbaik se-Indonesia saat memimpin Bank Aceh selama 10 tahun.

Karena itu, meskipun baru 2,5 tahun menjabat, pertumbuhan ekonomi di Banda Aceh meningkat tajam berdasarkan data resmi BPS, begitu juga angka pengangguran yang terus menurun selama dipimpin Aminullah.

Dianggap sukses memimpin kota Banda Aceh dalam waktu singkat, nama Aminullah Usman muncul dalam bursa Calon Gubernur Aceh, namun meski demikian, Aminullah mengaku belum memikirkan tentang Pilgub.

“Saat ini saya hanya fokus pada pembenahan kota Banda Aceh, banyak PR yang harus saya tuntaskan. Saya tidak menyangka, nama saya masuk dalam bursa calon Gubernur Aceh. Padahal Pilgub masih lama, saya baru sebentar memimpin Banda Aceh, ” jelasnya kepada Waspada Online.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Banda Aceh, Nurmiaty AR mengapresiasi produk UMKM yang mengikuti pameran ini.

“Beragam UMKM hadir, dan kualitasnya semakin baik, saya akan minta dinas terkait untuk terus membantu UMKM agar produk mereka semakin berkualitas,” ujarnya.

Nurmiaty sudah mengunjungi stand pelaku UMKM untuk melihat langsung produk yang ditawarkan.

Kadis UKM, Koperasi dan Perdagangan Kota Banda Aceh, Muhammad Nurdin mengaku siap melaksanakan intruksi Wali Kota untuk mengadakan event ini setiap bulan.

(WOL Photo)

“Event ini akan terus kita tingkatkan, dan kedepan, kami berencana mengadakan pameran UMKM ini dikawasan pasar terpadu Lamdingin. Hal ini jelang relokasi pedagang Peunayong ke kawasan ini,” ungkapnya.

Kelak, kawasan Peunayong akan menjadi lebih indah ketika gedung-gedung bekas Pasar Ikan, Daging, Sayur, dan Unggas dihancurkan menjadi ruang terbuka hijau (RTH). (wol/ags)

Editor: Agus Utama