Atalanta Jadi Kejutan Baru di Pentas Eropa

foto: twitter

MILAN, Waspada.co.id – Atalanta tampil gemilang saat menjamu Valencia di leg pertama 16 Besar Liga Champions di San Siro, Kamis (20/2). Tanpa ampun, klub Serie A tersebut menang 4-1 dan menjaga kans lolos ke perempatfinal.

Dua dari empat gol Atalanta dicetak oleh Hans Hateboer dan sisanya dari Josip Ilicic serta Remo Freuler. Gol tunggal Valencia disumbangkan oleh Denis Cheryshev. Dengan kemenangan ini, tim asuhan Gian Piero Gasperini tinggal menjaga keunggulan saat bertandang ke Mestalla, 11 Maret mendatang.

Perjalanan Atalanta di Liga Champions sebenarnya terbilang keajaiban, apalagi mereka sempat tak punya harapan lolos ke fase gugur. Kalah di tiga laga perdana penyisihan grup dari Dinamo Zagreb, Shakhtar Donetsk, dan Manchester City, Atalanta berhasil membalikkan situasi dengan dua kemenangan dan sekali imbang untuk lolos sebagai runner-up grup.

“Hal ini amat memuaskan, dan seluruh orang di kota ini (Bergamo) bangga. Proyek ini dimulai 16 tahun lalu oleh keluarga Percassi (presiden Atalanta), dari pembinaan pemain muda, memperbagus fasilitas latihan, dan puncaknya adalah keajaiban ini, lolos ke 16 besar Liga Champions,” ujar CEO Atalanta, Umberto Marino.

“Kami juga percaya sepenuhnya pada pelatih kami yang berhasil mengeluarkan kemampuan terbaik para pemain. Yang juga istimewa, tim ini menghadapi pertandingan semacam ini dengan penuh ketenangan,” lanjut pujian Marino.

“Kami mempersiapkan laga ini sepanjang pekan, bukan hanya 24 jam terakhir. Segala macam detail itulah yang membuat perbedaan,” pungkasnya. (wol/aa/ls/sky/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL