Antisipasi Virus Corona, Wali Kota Tanjungbalai Cek Terminal Pelabuhan Teluk Nibung

Wali Kota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, bersama Forkopimda Tanjungbalai cek kesiapan penanganan penumpang yang akan masuk dari Malaysia melalui Pelabuhan Teluk Nibung, Jumat (31/1). (WOL Photo)

TELUK NIBUNG, Waspada.co.id – Sejak mencuatnya informasi penyebaran virus Corona atau 2019 Coronavirus di Indonesia, Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai bersama instansi terkait mengecek langsung penanganan antisipasi penyebaran virus tersebut masuk Tanjungbalai.

Hal ini terlihat saat Wali Kota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, bersama Forkopimda Tanjungbalai cek kesiapan penanganan penumpang yang akan masuk dari Malaysia melalui Pelabuhan Teluk Nibung, Jumat (31/1). Diketahui virus Corona menyerang sistem pernapasan manusia serta dianggap berbahaya jika masuk dan merusak fungsi paru-paru.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Tanjungbalai memastikan Kota Tanjungbalai aman dari penyebaran virus Corona. Syahrial mengatakan pintu masuk Pelabuhan Teluk Nibung hingga saat ini telah dijaga dan belum terdapat penumpang yang terinfeksi. Di pelabuhan sendiri telah dipasang thermal scanner guna memastikan penumpang yang tiba, terutama dari Port Klang.

“Insya Allah, Tanjungbalai bebas dari virus Corona. Langkah antisipasi kemungkinan virus tersebut masuk telah dilakukan dengan screening setiap orang yang masuk melalui jalur laut. Di samping itu, Pemkot Tanjungbalai juga menggandeng seluruh stakeholder untuk pencegahan, termasuk media agar memberi informasi yang diharapkan dan mampu mengedukasi masyarakat,” kata Syahrial.

Menurut wali kota, deteksi dini sebagai upaya pengawasan penyebaran virus Corona telah dilakukan petugas, kerja sama dari pihak Imigrasi, KKP, dan Karantina Kesehatan. Begitupun, telah disiapkan ruangan dan petugas khusus.

Terakhir, Syahrial mengimbau masyarakat Tanjungbalai tidak perlu panik akan informasi virus Corona. Ditegaskan, pemerintah dalam hal ini telah melakukan penanganan secara intensif dan sistematis untuk melindungi masyarakat.

“Langkah antisipasi telah dilakukan, begitupun fasilitas kesehatan sudah disiapkan. Selanjutnya, kita akan kerja sama agar Kota Tanjungbalai tetap kondusif,” tutup Syahrial. (wol/lvz/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL