Amien Rais Tak Hadiri Pembukaan Kongres V PAN

Amien Rais (foto: kompas)
agregasi

KENDARIKongres V Partai Amanat Nasional (PAN) resmi dibuka pada Senin 10 Februari 2020 malam. Pada saat pembukaan, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais tidak hadir.

Bukan hanya Amien Rais, calon ketua umum PAN Mulfachri Harahap juga tidak menghadiri pembukaan Kongres yang digelar di lapangan eks MTQ Tugu Persatuan, Kendari, Sulawesi Tenggara. Amien Rais dikabarkan karena masih mengikuti agenda rapat penting, sementara Mulfahri belum ada informasi ketidakhadirannya.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam sambutannya saat pembukaan kongres mengajak seluruh kader PAN untuk mengingat cita-cita pendirian partai saat masa-masa awal reformasi 1998. PAN lahir untuk meluruskan cita-cita Indonesia bersatu, merdeka, adil dan makmur serta setara dengan negara-negara lain.

“Saya sekadar mengingatkan PAN lahir di tengah perjuangan reformasi saat itu, dengan tokoh utamanya Muhammad Amien Rais pada 1998. Dengan tujuan meluruskan Indonesia merdeka, itulah cita-cita PAN, merdeka, bersatu, berdaulat, dengan berdauluat kita bisa berlaku adil. Dengan berlaku adil, Indonesia bisa sejahtera, kesetaraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, itu lah cita-cita PAN yang dilahirkan Pak Amien Rais dan kawan-kawan,” ujarnya seperti dikutip iNews TV.

Sementara Ketua Majelis Pertimbangan Partai, Sutrisno Bachir mengungkapkan, PAN mampu memimpin jika seluruh kader bersatu dan dapat merancang agenda kerja sehingga pada 2024, PAN mampu masuk dalam tiga partai terbesar.

Insya Allah 2024 kita isi takdir PAN menjadi partai nomor 1,2 atau 3. Kita tulis dan kita yakini sehingga alam semesta dan ALLAH SWT akan menawar jika menuju yang kita lukis dalam takdir kita,” tuturnya.

Pembukaan kongres dihadiri sejumlah pengurus dan politisi PAN, di antaranya Hatta Rajasa, Soetrisno Bachir, Bima Arya, dan dua calon ketua umum PAN Asman Abnur dan Drajad Wibowo, politisi Partai Gerindra Sandiaga Uno, dan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi.