AHY dan Ibas Berpeluang Sama Gantikan SBY di Demokrat

Waketum Demokrat Syarief Hasan (Silviana/Okezone)

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan bahwa dua putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) berpeluang menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode mendatang.

Menurutnya, dua putra SBY tersebut menjadi sosok yang potensial untuk meneruskan tongkat estafet kepemimpinan di Demokrat karena memiliki kelebihan masing-masing.

“Bisa jadi, bisa jadi, bisa terjadi (AHY dan Ibas jadi pengganti SBY),” kata Syarief kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (18/2).

Dia menerangkan, AHY adalah sosok tegar karena sudah pernah gagal saat menjadi calon gubernur DKI Jakarta dan nominasi calon wakil presiden RI beberapa waktu lalu. Sementara Ibas, lanjut Syarief, merupakan salah satu kader Partai Demokrat yang berprestasi.

Meski begitu, Syarief menegaskan tidak ada persaingan antara AHY dan Ibas. Syarief juga tidak menutup kemungkinan kader Demokrat selain AHY dan Ibas, ingin ikut bersaing dalam perebutan kursi ketua umum periode mendatang.

“Ada porsinya masing-masing. Kita hanya tahu bahwa di Demokrat banyak calon-calon pemimpin, lah,” ujarnya.

Lebih jauh, Syarief menyampaikan bahwa Kongres Partai Demokrat rencananya akan digelar pada Mei 2020 mendatang.

Waktu pelaksanaan Kongres Partai Demokrat bisa digelar lebih cepat dari jadwal bila terdapat usulan dari kader.

“Tergantung DPC dan DPD. Kalau ada usulan begitu dan memenuhi syarat sesuai AD/ART partai, ya kami pikirkan,” tutur Syarief. (cnnindonesia/ags/data3)