Ada Penumpang Kapal Westerdam Positif Corona, 27 dari 362 WNI Pulang ke Indonesia

Foto: 27 orang kru kapal pesiar Westerdam asal Indonesia sudah dipulangkan. (AP Photo/Heng Sinith)

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan 27 orang dari total 362 WNI yang menjadi kru kapal pesiar MS Westerdam sudah kembali ke Indonesia. karena khawatir menularkan virus corona.

Retno mengatakan ratusan WNI di kapal pesiar asal Amerika Serikat-Belanda itu dalam kondisi sehat. Seluruh 27 WNI yang sudah pulang ke Indonesia juga sudah menjalani pemeriksaan.

“Untuk kapal Westerdam, sudah saya sampaikan bahwa dari 362 WNI kru yang berada di kapal, 27 di antaranya sudah kembali dan sudah menjalani pemeriksaan kembali ke Indonesia karena kapal tersebut dari sejak awal dikatakan tidak ada yang positif,” kata Retno di kantornya pada Selasa (18/2).

Kapal yang membawa 2.200 penumpang termasuk 802 anak buah kapal tersebut sebelumnya tidak diizinkan berlabuh di Hong Kong, Jepang, Taiwan, Filipina, dan Thailand lantaran diduga membawa penumpang yang terinfeksi virus corona.

Kapal tersebut melakukan pelayaran 14 hari di sekitar Asia Timur dan berangkat dari Hong Kong pada 1 Februari.

Kapal kemudian melanjutkan perjalanan menuju Guam, tetapi kembali ditolak. Begitu juga ketika hendak bersandar di Filipina, Taiwan, dan Thailand.

Padahal, operator kapal, Holland America Line meyakini tidak ada satupun penumpang maupun awak yang terinfeksi virus corona. Akhirnya kapal tersebut diizinkan Kamboja untuk berlabuh di pelabuhan Sihanoukville pada Kamis (13/2).

Namun, beberapa hari setelah itu, Kementerian Kesehatan Malaysia mengungkap bahwa seorang wisatawan asal AS positif virus corona.

Warga AS berusia 82 tahun itu diketahui merupakan salah satu penumpang kapal Westerdam. Kapal dikabarkan saat ini masih berlabuh di Kamboja dan tengah menjalani serangkaian pemeriksaan.

“Kemudian ditemukan ada satu (penumpang Westerdam) positif (corona) yang sudah kembali di Malaysia dan mereka berasal dari kapal tersebut. Jadi kemudian saat ini kapal itu sedang menjalani pemeriksaan-pemeriksaan,” kata Retno. (cnn/data3)