3 WNI Kru Kapal Pesiar Jepang Positif Terinfeksi Corona, Menlu “Saya Tidak Bisa Ungkap Identitasnya”

Foto: dok. Diamond Princess Cruises

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan tiga WNI di kapal pesiar Diamond Princess di perairan Yokohama, Jepang positif terinfeksi virus corona.

Ketiganya merupakan bagian dari 78 WNI yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess.

Ketiga WNI menambah kasus positif virus corona di kapal pesiar tersebut. Hingga Selasa (18/2) sebanyak 456 orang di kapal pesiar itu dinyatakan positif mengidap virus corona.

“Berdasarkan komunikasi terakhir termasuk pembicaraan dengan dubes Jepang, diperoleh info bahwa tiga dari 78 kru WNI dinyatakan positif terinfeksi corona. 3 WNI tersebut adalah dari total 446 per saat ini yang dikonfirmasi positif,” ujar Retno usai konferensi media di Jakarta, Selasa (18/2).

Retno mengatakan dua WNI positif corona telah dilarikan ke rumah sakit setempat, sementara seorang WNI lainnya masih dalam proses evakuasi ke rumah sakit.

“Dari tiga WNI yang dinyatakan confirm, dua di antaranya di bawa ke RS di Kota Chiba, sementara satu lainnya sedang menjalani proses menuju RS sehingga per detik ini saya belum dapat menyampaikan satu WNI itu dibawa ke RS mana,” kata Retno kepada wartawan di Jakarta, Selasa (18/2).

Retno mengatakan ketiga WNI itu dalam keadaan stabil. Demi alasan etika, ia tak mengungkap identitas dan asal ketiga WNI tersebut.

Hingga Selasa jumlah pengidap virus corona yang meninggal di seluruh dunia dilaporkan menjadi 1.873 orang, sebagian besar merupakan warga China. Selain di China, kematian akibat virus corona juga terjadi di Hong Kong, Filipina, Taiwan, Jepang, dan Prancis.

Komisi Kesehatan Nasional China mencatat infeksi virus corona dalam sehari bertambah 98 orang. Secara total penduduk di dunia yang terkena virus itu mencapai 73.325 orang.

Pemerintah China melaporkan sampai saat ini ada 12.552 orang yang dinyatakan sembuh dari virus corona. (cnn/data2)