10 Napi Diamankan Dalang Kerusuhan Rutan Kabanjahe

WOL Photo

KABANJAHE, Waspada.co.id – Polisi mengamankan 10 narapidana sebagai dalang kericuhan Rutan Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo.

Hal itu dibenarkan Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny Hutajulu, Kamis (13/2). Namun sayang, untuk identitas ke 10 napi yang ditetapkan sebagai tersangka itu masih dirahasiakan.

“Mereka ditetapkan sebagai tersangka karena diduga melakukan perusakan. Tadi malam sudah dipisahkan dan langsung dilakukan pemeriksaan tambahan,” katanya.

Diketahui, berdasarkan informasi yang diperoleh penyebab rusuhnya karena adanya beberapa narapidana yang dirantai. Melihat rekannya dirantai sontak narapidana lainnnya berontak dan mengamuk.

Dalam kerusuhan para narapidana juga membakar rutan terlihat kepulan asap tebal keluar dari dalam rutan. Tak hanya itu, kekesalan napi semakin memuncak dengan melempari petugas dengan batu.

Advertisement

Mendapat laporan kerusuhan, seluruh personil Polri dan TNI turun ke TKP melakukan pengamanan. Terdengar juga suara letusan tembakan ke udara oleh petugas untuk menenangkan ratusan napi yang mengamuk.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, menyampaikan peristiwa kerusuhan yang disertai pembakaran dan perusakan oleh napi ini terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Ia memaparkan, adapun total napi di dalam lapas berjumlah 410 orang, dengan perincian 380 pria dan 30 wanita.

Kendati mengalami kerusuhan, Tatan menuturkan tidak terdapat seorang pun napi yang kabur. Sementara untuk korban jiwa maupun luka-luka, sebut Tatan, juga tidak ada.

“Situasi saat ini di rutan sudah terkendali. Dan api sudah padam,” pungkasnya. (wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN