WN Ethiopia Tetap Divonis 10 Tahun Penjara

WOL Photo/Ryan
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Warga Negara (WN) Ethiopia, Said Abity Abdurahman (30) kurir narkotika jenis baru daun khat 7,9 kg, dihukum dengan pidana selama 10 tahun dengan denda Rp1 miliar dan subsider 3 bulan kurungan.

Dalam amar putusan, terdakwa kurir daun khat ini, dinyatakan bersalah melanggar Pasal 114 (2) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Said, selama 10 tahun denda Rp1 miliar dab subsider 3 bulan kurungan,” tutur Hakim Ketua, Jarihat Simarmata di Ruang Cakra VII, PN Medan, Rabu (21/1)

Diketahui putusan hakim lebih rendah dari pada tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Pekan Lalu, yang meminta majelis hakim untuk menjatuhkan terdakwa dengan hukuman, 12 tahun penjara dengan denda Rp1 miliar dan subsider 6 bulan kurungan.

Lebih lanjut, dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), disebutkan terdakwa Said ditangkap pada 18 Juli 2019 sekira pukul 13.30 WIB, bertempat di Jalan Binjai Km 12,7 Wisma Keluarga No 44 Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan.

iklan

Namun, di kesaksian sebelumnya, terdakwa juga mengaku, daun khat itu bukan untuk dijual melainkan untuk dikonsumsi sendiri. Untuk keperluan kesehatan atau obat diabetes.

Demikian atas putusannya itu, terdakwa melalui penerjemahnya menyatakan pikir-pikir.(wol/ryan/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan