Warga Bagan Deli Terima Pelatihan Pengolahan Ikan Menjadi Produk Mudah Dijual

Foto: PT Pelabuhan Indonesia I Menyelenggarakan Program Bantuan Ekonomi. (Ist)

Waspada.co.id – Untuk meningkatkan perekonomian, masyarakat di kawasan Belawan khususnya Kelurahan Bagan Deli menerima pelatihan pengolahan ikan dengan Ana Rahmi, dosen Tata Boga Universitas Negeri Medan (UNIMED) sebagai pembicara. Kegiatan yang diselenggarakan PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo 1) bersama Rumah Zakat merupakan program bantuan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat berupa pengolahan ikan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

Penyerahan secara simbolis bantuan Program Pemberdayaan Ekonomi kepada masyarakat Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Olahan Ikan Bagan Deli dilakukan oleh SVP Sekretariat Perusahaan M. Eriansyah, VP Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo 1 Fatimah Zuhra, Branch Manager Rumah Zakat M. Yunus Aziz, dan Lurah Bagan Deli Zul Ashri pada Selasa, 28 Januari 2020.

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1, M. Eriansyah menerangkan bahwa program pemberdayaan ekonomi yang melibatkan keikusertaan masyarakat Bagan Deli untuk lebih produktif serta bisa menambah penghasilan. “Pelindo 1 membina masyarakat Bagan Deli untuk berwirausaha dengan memberikan latihan keterampilan serta peralatan untuk mengolah ikan menjadi makanan yang mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Bantuan yang diberikan berupa bantuan modal, sarana, dan pengembangan usaha serta pendampingan yang dilakukan secara berkeseinambungan. Dan kami berharap keberadaan Pelindo 1 di sekitar masyarakat mampu memberikan manfaat yang baik dan turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang M. Eriansyah.

Sebelumnya, masyarakat Bagan Deli diberikan pelatihan mengolah ikan menjadi nugget dan kerupuk dengan narasumber Ana Rahmi, dosen Tata Boga Universitas Negeri Medan (UNIMED) pada Sabtu, 11 Januari 2020. Jenis usaha pengolahan ini ini dipilih karena nugget ikan merupakan produk yang mempunyai nilai ekonomis dan mudah dijual. Dan ikan menjadi hasil laut yang mudah diperoleh oleh masyarakat Bagan Deli karena sebagian penduduknya bermatapencaharian sebagai nelayan.

Dalam sambutannya, Lurah Bagan Deli, Zul Ashri mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pelindo 1 dan Rumah Zakat yang telah membina dan memberikan bekal yang bermanfaat bagi masyarakat Bagan Deli. “Kami sangat mengapresiasi Pelindo 1 untuk melakukan program pemberdayaan masyarakat sehingga nantinya setelah masyarakat Bagan Deli diberikan pelatihan, ilmunya bisa diterapkan serta produk yang dihasilkan tersebut mampu memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat. Semoga ke depannya, bisnis yang mereka rintis bisa terus berkembang dan semakin sukses,” tutur Zul Ashri.

Senada dengan hal tersebut, Sri Wati, warga masyarakat Bagan Deli yang menjadi ketua KUBE Olahan Ikan Bagan Deli berharap produksi makanan yang dibuat oleh masyarakat mampu memberikan penghasilan tambahan bagi keluarganya. “Melalui program yang diselenggarakan Pelindo 1 bersama Rumah Zakat ini, kami dilatih untuk membuat pilus ikan, nuget ikan, kerupuk ikan, dan pengolahan ikan asin tawar. Cara membuatnya mudah sehingga bisa kami coba di rumah. Harapannya semoga makanan yang kami produksi bisa semakin berkembang sehingga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan kami,” terang Sri Wati.

Selain program pemberdayaan masyarakat, Pelindo 1 juga melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan aksi peduli dan berbagi yang meliputi: sunat massal kepada 300 anak, pengobatan gratis di Kampung Nelayan dan Bagan, bantuan pengembangan kawasan Ecowisata Mangrove dan Sekolah Alam di Sicanang Belawan, bantuan pengembangan Kampung ramah Anak di Belawan Bahari, bantuan rumah ibadah di Belawan, bantuan pengembangan sarana pendidikan di Belawan, dan bantuan panti asuhan di Belawan dan sekitarnya. (wol/ega/data3)