Virus Corona Tak Hanya Serang Paru-Paru, Tapi Juga Jantung

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
agregasi

SELAIN menyerang paru-paru, ternyata virus Corona diklaim berpengaruh pada kondisi kesehatan jantung penderitanya. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Dijelaskan Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Dicky A Hanafy, SpJP (K), gangguan jantung yang dialami penderita terjangkit virus corona, terjadi akibat komplikasi yang menyerang organ tubuh. Terlebih, hingga kini masih belum ada obat atau vaksin yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit misterius itu.

“Virus corona kan menyerang saluran pernapasan, khususnya paru-paru. Secara tidak langsung, pasti memiliki dampak terhadap organ tubuh lainnya, termasuk jantung,” terang Dokter Dicky, dalam acara Kenali Komplikasi Jantung Koroner di RS MMC, Jakarta Selatan, Kamis (23/1/2020).

Lebih lanjut, Dokter Dicky menjelaskan, sistem kekebalan tubuh manusia menjadi hal utama untuk melindungi para penderita virus corona. Pada dasarnya, semua penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus, akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh

“Semakin lemah sistem kekebalan tubuhnya, maka penyakit bakal semakin parah. Jadi untuk penderita penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus kekebalan tubuh pasien paling diutamakan,” terangnya.

Hingga berita ini ditulis, virus corona yang menyerang Wuhan, China, terus memakan korban jiwa. Saat ini sudah 17 korban meninggal dunia akibat penyakit baru yang mematikan itu.

Virus corona yang sedang mewabah saat ini, masuk ke dalam kategori New Emerging Disease (penyakit baru). World Health Organization (WHO) pun terus menyelidiki cara mengatasi penyakit ini, sambil mencari vaksin untuk menanggulangi banyaknya korban jiwa.