Tim Hukum PDIP Imbau Harun Masiku Serahkan Diri

Koordinator Tim Hukum PDIP, I Wayan Sudirta (Foto: Okezone.com/Muhamad Rizky)
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Koordinator Tim Hukum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), I Wayan Sudirta tidak banyak komentar ihwal sudah kembalinya tersangka kasus suap yang juga mantan caleg PDIP Harun Masiku ke Indonesia sejak 7 Januari 2020.

Wayan hanya mengimbau agar Harun segera menyerahkan diri kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Sikap kita jelas tegas, dan berulang-ulang disampaikan sebaiknya Harun Masiku menyerahkan diri,” ucap Wayan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Meski sudah kembali ke Tanah Air, keberadaan Harun masih simpang siur. Menurut Wayan, Harun harus menghadapi permasalahan hukum yang tengah menjeratnya di lembaga antirasuah.

“Hadapilah proses hukum itu, karena tidak mungkin mengendap terus menerus hadapi, dan itu peluang untuk menyampaikan pembelaan secara baik,” tegas Wayan.

Diketahui sebelumnya Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Ronny Franky Sompie mengaku telah menerima informasi kepulangan tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Harun Masiku ke Indonesia.

Menurut data dan informasi yang diterima Ronny, Harun kembali ke Indonesia pada Selasa, 7 Januari 2020, melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

“Saya sudah menerima informasi berdasarkan pendalaman di sistem termasuk data melalui IT yang dimiliki stakeholder terkait di Bandara Soetta, bahwa HM telah melintas masuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Batik pada tanggal 7 Januari 2020,” kata Ronny saat dikonfirmasi Okezone di Jakarta, Rabu 22 Januari 2020 kemarin.