_
Home / Warta / Mancanegara / Tiga Negara ASEAN Konfirmasi Kasus Virus Corona
Ilustrasi. Virus Corona. (Nicolas Asfouri/AFP)

Tiga Negara ASEAN Konfirmasi Kasus Virus Corona

Waspada.co.id – Penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan, China hingga kini sudah menyebar ke sejumlah negara, termasuk ASEAN. Tiga negara Asia Tenggara antara lain Singapura, Thailand, dan Vietnam mengonfirmasi kasus penyebaran corona virus.

Dilansir AFP, sejauh ini Singapura mengonfirmasi satu kasus corona virus. Sedangkan Thailand dan Vietnam masing-masing mengonfirmasi dua kasus terjangkit virus yang juga disebut penumonia Wuhan.

Singapura
Singapura mengonfirmasi penyebaran kasus virus corona pada Kamis (23/1) yang menjangkit seorang pria berusia 66 tahun. Pria yang tiba di Singapura dari Wuhan, China pada Senin (20/1) bersama keluarganya.

Pria itu mengalami sakit tenggorokan, kendati tidak demam selama penerbangan menuju Singapura.

Temuan tersebut membuat aparat Singapura mensterilkan dan menutup kamar di Hotel Shangri-La Rasa Sentosa yang sempat dihuni pria tersebut. Empat staf hotel yang sempat memberikan pertolongan pertama dan membawa pasien ke rumah sakit juga diminta tidak meninggalkan kediaman mereka terlebih dulu.

Wakil Direktur Eksekutif Grup Shangri-La untuk Asia Tenggara dan Australasia, Josef Dolp mengatakan mereka saat ini tengah menggiatkan proses pembersihan terkait penyebaran virus corona. Tak hanya itu, mereka juga menempatkan pemindai suhu tubuh untuk memeriksa para tamu dan staf hotel.

Vietnam
Dua warga negara China di Vietnam dinyatakan positif terjangkit virus corona. Seorang pria yang bermukim di Ho Chi Minh City diketahui terinfeksi virus corona dari ayahnya yang berlibur ke Vietnam pada 13 Januari lalu dari Wuhan, China.

Sang ayah mendapat perawatan di rumah sakit pada 17 Januari lalu setelah menunjukkan gejala demam tinggi. Beberapa hari kemudian, putranya menunjukkan gejala serupa.

Keduanya kemudian dikarantina dan dinyatakan positif terinfeksi virus yang juga dikenal dengan sebutan pnemonia Wuhan.

“Para pasien telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang baik, demam (mereka) telah berkurang dan mereka dapat makan sekarang,” kata Dokter Nguyen Ngoc Sang pada hari Kamis di sebuah pertemuan di rumah sakit Cho Ray di Kota Ho Chi Minh, dikutip dari AFP.

Wakil menteri kesehatan Vietnam, Nguyen Truong Son. mendesak semua tindakan pencegahan untuk menghindari penyebaran lebih lanjut.

“Kami harus segera menguji setiap kasus yang dicurigai sehingga kami dapat mendeteksi (penyakit) lebih cepat. Kami tidak ingin itu menyebar ke publik,” kata Nguyen Truong Son.

Thailand
Kementerian Kesehatan Thailand mengonfirmasi telah mendeteksi dua kasus misterius menyerupai SARS yang menginfeksi dua turis asal Wuhan, China pada Jumat (24/1).

Alat pemindai suhu tubuh yang ditempatkan di bandar Suvarnabhumi pada Senin (13/1) mendeteksi seorang perempuan berusia 74 tahun menunjukkan gejala terinfeksi virus corona.

Setelah dibawa ke rumah sakit, perempuan tersebut didiagnoas mengalami pneumonia yang terkait dengan virus corona.

Sebelumnya, pada Rabu (8/1) lalu dokter mendiagnosa gejala penumonia pada turis asal China lainnya. Gejala yang ditunjukkan menyatakan pasien tersebut terinfeksi virus corona.

Selain di China, penyebaran virus corona hingga saat ini terdeteksi di Jepang, Hong Kong, Macau, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Singapura, dan Vietnam.

Hingga kini, jumlah kasus yang dikonfirmasi dari virus corona meningkat menjadi 830 dengan 26 korban dinyatakan meninggal dunia. (cnn/data2)

Check Also

Kemlu Sebut 9 WNI Positif Corona di Jepang adalah Kru Kapal Pesiar Diamond Princess

YOKOHAMA, Waspada.co.id – Kementerian Luar Negeri menyatakan sembilan warga Indonesia (WNI) yang dinyatakan positif terinfeksi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.