_
Home / Uncategorized / Swedia Jajaki Kerja Sama Pengembangan Transportasi Publik
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menerima kunjungan Kedutaan Besar Swedia untuk Indonesia di Ruang Kaharuddin Lantai 8 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Selasa (28/1). (Foto: Biro Humas Dan Keprotokolan Setda Provsu)

Swedia Jajaki Kerja Sama Pengembangan Transportasi Publik

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menerima kunjungan Kedutaan Besar Swedia untuk Indonesia di Ruang Kaharuddin Lantai 8 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Selasa (28/1).

Kunjungan dalam rangka menjajaki ragam kerja sama dengan fokus utama di bidang transportasi publik. Diterima oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Setdaprov Sumut Arsyad Lubis, rombongan kedutaan terdiri atas Trade Commissioner Swedia untuk Indonesia Erik Odar dan pengusaha bidang transportasi dan perencanaan kota yang bersifat ramah lingkungan.

“Kami selaku Pemprov Sumut sangat menyambut baik kedatangan dan niatan dari Pemerintah Swedia untuk menjalin kerja sama. Karena memang saat ini, Sumut sedang gencar melakukan pembangunan dan apa yang ditawarkan memang banyak sesuai rencana pembangunan kita,” ujar Arsyad.

Kedua belah pihak pun memaparkan terkait potensi-potensi bidang yang bisa dikerjasamakan. Untuk masalah transportasi, Kadis Perhubungan Sumut Abdul Haris Nasution mengatakan mobilitas yang semakin meningkat, namun belum didukung infrastruktur jalan dan moda transportasi umum yang memadai.

“Swedia merupakan salah satu negara yang aman dan nyaman di Eropa. Salah satunya karena didukung teknologi transportasi dan perencanaan kota yang baik. Untuk itu, kita harapkan Swedia bisa berbagi pengalaman terkait pengembangan urban transportation sehingga bisa kita terapkan di Sumut,” ujar Abdul Haris.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Ria Telaumbanua, turut menambahkan bahwa sektor pariwisata perlu didukung dengan infrastruktur transportasi yang baik. Apalagi di Sumut terdapat destinasi super prioritas, yakni Danau Toba.

Erik Odar menyampaikan tujuan kunjungan untuk menjajaki kerja sama di bidang transportasi publik dan pengelolaan sampah. Diakui, pihaknya tertarik untuk terlibat mendukung tourism goals di Sumut. Namun disebutkan bahwa Swedia saat ini fokus transportasi dulu.

Sebagai tindak lanjut penjajakan, akan ada workshop teknis yang didukung Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan Sumut di Grand Aston Hotel Medan. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Pemprovsu Fokus Percepatan Pengembangan Danau Toba

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Perkembangan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.