Sumbar Bisa Jadi Contoh Pengembangan EBT

Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu. (Istimewa)

PADANG, Waspada.co.id – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu menyatakan, Provinsi Sumatera Barat bisa dijadikan model contoh yang cukup baik bagi pengembangan EBT (energi baru terbarukan) di seluruh Indonesia. Gus Irawan juga mengungkapkan, masih banyak sekali potensi panas bumi yang belum tergali. Dari 1.650 megawatt yang berpotensi, baru hanya 80 megawatt yang telah dikembangkan.

“Kami merasa senang karena potensi penggunaan energi baru terbarukan di Sumatera Barat cukup besar sekali dan kita berharap bisa segera mengembangkannya,” kata Gus Irawan dalam agenda kunjungan kerja di Kota Padang, Sumatera Barat, belum lama ini.

Dia cukup mengapresiasi dan dan kagum akan fakta dilapangan terkait besaran jumlah penggunaan energi baru terbarukan yang mencapai angka 50 persen. “50 persen sumber energi yang digunakan untuk elektrifikasi di Provinsi Sumatera Barat berasal dari energi baru terbarukan,” ujarnya.

Provinsi Sumatera Barat sendiri merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya dengan sumber sumber energi dan potensi pertambangan mineral. Provinsi ini terletak di sepanjang pesisir Barat Sumatera bagian tengah, dataran tinggi bukit barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantai, seperti Kepulauan Mentawai.(wol/min/data2)

Editor: Agus Utama

Advertisement