_
Home / Fokus Redaksi / Sempat Disangka Ada Pasien Terjangkit Virus Corona, Ini Kata RSUP H. Adam Malik Medan
Ilustrasi

Sempat Disangka Ada Pasien Terjangkit Virus Corona, Ini Kata RSUP H. Adam Malik Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Belum lama ini, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan dikabarkan sempat menangani pasien pria yang diduga suspect Novel Corona Virus (nCov). Pasien itu masuk dengan kondisi flu dan baru saja melakukan perjalanan dari luar negeri.

Setelah tiga hari dirawat di ruang khusus, berdasarkan hasil pemeriksaan pasien dinyatakan negatif nCov.

Hal tersebut pun dibenarkan Kasubbag Humas RSUP H. Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak.”Sampai saat ini belum ada (pasien terjangkit flu corona). Yang sebelumnya memang ada seorang pasien suspect MERS Cov dengan riwayat pernah umroh ke Timur Tengah. Tapi setelah diperiksa hasilnya negatif,” ungkapnya saat dikonfirmasi Waspada Online, Minggu (26/1).

“Pasien ternyata hanya sakit flu biasa,” terangnya. Namun, pihaknya enggan memberitahukan identitas pasien tersebut.

Dikabarkan, Tim Pinere RS Adam Malik telah dibentuk sebagai upaya kesiapsiagaan rumah sakit tipe A ini dalam menghadapi setiap kasus KLB yang sewaktu-waktu bisa terjadi, seperti yang baru-baru ini terjadi, KLB difteri menjadi kasus terakhir yang telah ditangani.

Tim tersebut terdiri dari 20 orang tenaga medis di antaranya dokter spesialis yang berlatar belakang dari berbagai spesialisasi dan juga pencegah dan pengendalian infeksi.

“Gejala pasien nCoV biasanya flu, sesak dan ada riwayat bepergian ke China atau ke negara lainnya. Kita aware ke situ. Nah pasien seperti ini akan kita evaluasi. Penyebarannya dari udara dan air ludah,” kata Koordinator Penanganan Virus Corona Tim Pinere RSIP H. Adam Malik, dr Ade Rahmaini MKed (Paru) SpP kepada wartawan, baru-baru ini.

Disebutkan, RSUP H. Adam Malik menjadi salah satu dari 14 rumah sakit nasional yang menjadi pusat rujukan penanganan pasien nCoV yang menaungi tiga provinsi yaitu Sumatera Utara, Aceh, dan Riau. nCov merupakan virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. (wol/ags/data3)

Check Also

Netizen Bertanya Fungsi Health Alert Card COVID-19, Kemenkes: Bukan Kartu Sakti!

Waspada.co.id – Seorang netizen bertanya fungsi Health Alert Card (HAC), kartu yang diberikan kepada penumpang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.