Sabrina: Perbedaan Berkah Bagi Sumut Harus Dirawat

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Sumatera Utara (Sumut) merupakan provinsi yang terkenal dengan ragam perbedaan. Berbagai suku, agama, budaya, adat istiadat, bahasa, dan lainnya hidup berdampingan selama puluhan tahun dalam keadaan rukun dan damai. Sumut pun masuk 10 Besar provinsi dalam indeks kerukunan umat beragama.

“Untuk itu, perbedaan ini sebenarnya berkah bagi Sumut yang harus senantiasa kita rawat,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu) Dr Hj R Sabrina saat menerima audiensi Panitia Perayaan Natal Oikumene Umat Kristiani Sumut 2019 serta Forum Komunikasi Konsultasi Gerejawi Sumut di Kantor Gubernur Sumut, Senin (20/1).

Beberapa hal yang dibahas di antaranya pelaksanaan Natal Oikumene dan sekilas tentang kerukunan umat beragama di Sumut. Sabrina menyampaikan apresiasi untuk seluruh umat beragama yang mendukung dan menjaga perdamaian di Sumut.

“Saya yakin semua agama mengajarkan kedamaian, jangan mau kita diadu domba dengan isu-isu agama oleh orang-orang tidak bertanggung jawab,” pesan Sabrina.

Isu-isu yang bersifat mengadu domba ini sering terjadi dan marak di media sosial. Untuk itu, Sabrina juga mengajak agar masing-masing umat bijak dalam menggunakan gawai dan menggunakan media sosial.

iklan

“Kita jangan mudah termakan hoax, tetapi ditelusuri dulu kebenarannya,” tegasnya.

Ketua Umum Panitia, Pdt Samuel Gohzaly D, mengatakan perayaan dilaksanakan 22 Januari 2020 di Gereja Bethel yang bertempat di Hotel JW Marriott Medan. Perayaan bertemakan ‘Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang’sebagai perayaan yang mensyukuri kasih Allah, mempererat tali persaudaraan serta memperkokoh kerukunan dan keragaman di Sumut.

Ketua Yayasan Sumut Berdoa, JA Ferninandus, juga sepakat dengan Sabrina, di mana perbedaan merupakan berkah yang harus dirawat. Kerukunan bukan barang jadi, melainkan hasil dari proses saling menghormati dan menghargai.

”Kita memang berbeda, tetapi jangan ada tindakan membeda-bedakan,” pesannya pada seluruh masyarakat Sumut. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan