Sabrina Minta Kabupaten/Kota Siapkan Laporan Lebih Cepat

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Seluruh pemerintah kabupaten/kota diminta menyiapkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2019 akhir Februari nanti atau lebih cepat dari tahun lalu.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Dr Hj R Sabrina, saat membuka Rapat Persiapan Penyusunan dan Pengisian Data LPPD dan LKPJ 2019 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (15/1).

“Kepada kita semua agar jangan lagi ada kabupaten/kota yang terlambat mengisi/menyiapkan laporan. Jika dalam pengisian ada yang kurang datanya, tetaplah kita berkoordinasi. Karena meskipun di provinsi bisa selesai 100 %, daerah yang belum maka akan memengaruhi Sumatera Utara dalam penilaian,” ujar Sabrina.

Dalam penyusunan laporan ini, lanjut Sekda, sangat perlu adanya koordinasi dan komunikasi antara Pemprovsu dan 33 kabupaten/kota yang ada dan sebaliknya. Apalagi saat ini teknologi informasi sangat mendukung efektivitas untuk berhubungan antardaerah, sehingga tidak ada alasan susahnya berkomunikasi.

“Kalau dulu kita harus mengirim surat via Kantor Pos, lambat baru sampai. Nah ini kita lebih cepat, bisa SMS atau WA dan segala macam komunikasi hanya satu tangan saja,” sebut Sekdaprovsu.

Untuk itu, Sabrina menekankan agar laporan (LPPD dan LKPJ 2019) segera dibuat dan diberikan perhatian penuh. Termasuk membuat jadwal yang ditarget bisa tuntas akhir Februari mendatang. Tahun lalu untuk laporan 2018, Sumut menyelesaikan LPPD dan LKPJ di pertengahan Maret 2019.

“Kalau bisa dipadatkan lagi lebih cepat. Kalau misalnya ada kekurangan masih bisa kita perbaiki. Ini juga kan ada kaitannya dengan raihan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK,” kata Sabrina menyebutkan perolehan WTP 5 kali beruntun harus dilalui dengan kerja keras.

Mendampingi Sekda dalam rapat tersebut, Kabiro Otda dan Kerja Sama Setdaprov Sumut Basarin Tanjung mengimbau laporan dimaksud sudah dapat mereka terima pada pertengahan Februari mendatang karena pihaknya harus menyusun kompilasinya. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL