Persiapan PON 2020, Edy Harap Atlet Sumut Lima Besar

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Para atlet Sumatera Utara (Sumut) diharapkan terus mematangkan persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Dengan demikian, target masuk lima besar event tingkat nasional yang digelar Oktober mendatang dapat diraih.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi saat menerima audiensi dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut di Ruang Rapat Lantai 10, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Selasa (14/1).

“Bagaimana usaha kita untuk mencapai lima besar? Mereka harus ada latihan, pakai sarana yang kita miliki, kalau bisa sebulan penuh mereka harus latihan. Siapkan pelatih yang terbaik, bina atletnya yang bagus,” ujar Gubernur.

Terkait dana yang diperlukan untuk mempersiapkan atlet yang akan bertanding pada PON 2020, Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan menyiapkan anggaran sesuai kebutuhan. Karena sangat dipahami bahwa olahraga membutuhkan anggaran yang memadai.

“Olahraga itu kan memang sarat dengan uang. Anggarannya nanti menyesuaikan, pelatih bagus pun harganya bagus, atlet butuh vitamin pun belinya dengan uang, tapi kita juga harus tahu diri, jangan pula gara-gara mengejar PON, anggaran kita gunakan ke sana semua,” ucap Edy menambahkan ingin membuat sekolah atlet di program jangka panjang.

iklan

“Ayolah, kita benahi bersama atlet kita ini, kita akan biayai, selama itu untuk kepentingan Sumut, apapun akan saya lakukan. Kalau perlu nanti kita buat sekolah SMAN yang fokus melahirkan atlet-atlet dari Sumut,” ajak Edy.

Gubsu juga menyampaikan niatnya hadir langsung pada PON 2020 di Papua, guna menyaksikan dan menyemangati para atlet Sumut yang bertanding. Sebelumnya, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis memaparkan hasil evaluasi dan program menuju PON XX di Papua. Total, ada 176 atlet mengikuti 26 cabang olahraga dengan target 19 medali emas.

“Untuk mewujudkan itu semua, KONI Sumut merancang program yang efektif dan efisien serta intervensi langsung kepada atlet cabang olahraga, karena ini adalah program PON yang seluruhnya tanggung jawab KONI Sumut,” ujar John.

“Pada bulan Februari, kita akan mulai Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda). Atlet nanti akan dikirim ke luar negeri, paling tidak di kawasan Asean, sebelum berangkat kita lakukan intervensi spiritual, kesehatan, dan psikologis,” ucapnya. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan