_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Penuhi Tantangan Standar Nasional Pendidikan, Larispa Lakukan Ini
Istimewa

Penuhi Tantangan Standar Nasional Pendidikan, Larispa Lakukan Ini

Waspada.co.id – Memenuhi tantangan perubahan standar nasional pendidikan (SN Dikti) Lembaga Riset Publik melakukan up-grading dan rapat kerja di Grand Inna Hotel, Selasa (7/1).

SN Dikti merupakan standar yang meliputi SN pendidikan ditambah dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Ketua Larispa Indonesia, Dr M Rizal Hasibuan, menuturkan kegiatan ini untuk memperbarui kemampuan karyawan Larispa dan anggota komunitas bagi yang mensuvervisi di pekerjaan Larispa menghadapi peraturan pemerintah (PP) berkaitan dengan SN Dikti 2015.

“Di mana di 2015 ada 24 SN Dikti untuk universitas. Di mana pemerintah sudah menaikkan standar akreditasi dari 7 kriteria menjadi 9 kriteria,” ucaonya.

Berdasarkan tantangan itu, maka kita melakukan upgrading guna memenuhi permintaan klien Larispa yang ada diseluruh wilayah Indonesia, kemudian ini juga bentuk adaptasi terhadap perubahan peraturan pemerintah yang sudah diberlakukan per Agustus 2019.

“Awalnya standar itu hanya visi misi, tata pamong, mahasiswa, SDM kurikulum, sarana prasarana, penelitian pengabdian masyarakat. Tetapi sekarang ini ditambah dua standar yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Dengan tambahan ini, perguruan tinggi (PT) untuk menunjukkan hasilnya yakni berupa produk yang bisa dirasakan masyarakat secara berjenjang, tidak lagi dengan reputasi lokal tetapi nasional dan internasional.

“Jadi ini untuk memenuhi tantangan perubahan standar. Diikuti 30 peserta. Kegiatan ini selanjutnya akan dilakukan di Padang, Makassar dan Jakarta,” ungkapnya.

Pada 2019 ada 32 program studi yang sudah dibantu. Dengan up-grading ini di 2020 direncanakan ada 40 program studi dapat dibantu untuk memenuhi standar nasional tersebut dari standar yang cukup menjadi baik dan unggul.

“Dalam kegiatan rapat kerja dan upgrading anggota komunitas dalam pendampingan/ review penyusunan borang Prodi & AIPT dan penyusunan dokumen serta pembagian projek, dengan pembicara, Ridwan Sani (penggunaan Analisis SWOT), Fitri Rahmadana,(strategi penyusunan LKPS/LKPT ), Zulkifli Simatupang, penyusunan Restra dan capaian PT dalam laporan Evaluasi Diri (LED) dan Rizal Ahmad, ( Penyusunan dokumen akreditasi sesuai SN- DIKTI/ 24 standar),” tandasnya.(wol/rls/data3)

Check Also

Generasi Muda Harus Genggam Jiwa Kreatif

Waspada.co.id – Mendorong pemuda-pemudi Indonesia kreatif, Himpunan Pemuda Indonesia Maju (HIMPIM) terus berkomitmen menciptakan generasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.