Pembangunan Harus dari Data, Jokowi: Jangan Pakai Feeling!

Presiden Jokowi (Foto: Setneg RI)
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa data akurat adalah suatu hal yang sangat penting. Pasalnya, data adalah kunci utama kesuksesan suatu pembangunan.

Jokowi mengatakan, sebuah data tidak boleh meragukan. Oleh sebab itu, dirinya selalu meminta data yang valid ke Badan Pusat Statistik (BPS).

“Dari situlah sebetulnya perencanaan dimulai, keputusan yang tepat itu bisa di eksekusi, program itu bisa dieksekusi. Jangan pakai feeling, bahaya… bahaya sekali,” tutur Jokowi mengutip setkab, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Oleh sebab itu, mendekati sensus penduduk 2020, Jokowi mengatakan, keakuratan data sangat penting untuk menyusun perencanaan yang benar. Selain itu, juga dapat digunakan untuk membuat keputusan yang tepat, dan mengeksekusi program yang tepat sasaran.

“Data penduduk merupakan data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang. Dan data hasil Sensus Penduduk 2020 nantinya tidak hanya bermanfaat untuk membuat perencanaan masa kini, tetapi juga membuat proyeksi sampai tahun 2050,” ujar Kepala Negara.