Milan Mulai Nyaman Dengan Formasi Pioli

foto: twitter

MILAN, Waspada.co.id – AC Milan tampil gemilang saat menghadapi SPAL di babak 16 Besar Coppa Italia, Kamis (16/1). Tanpa Zlatan Ibrahimovic, Rossoneri meraih kemenangan tiga gol tanpa balas.

Dengan Ibra di bangku cadangan, pelatih Stefano Pioli memberi kesempatan kepada Krzysztof Piatek sebagai ujung tombak. Kepercayaan pelatih dijawab dengan sempurna oleh Piatek lewat gol pertama Milan di menit 20.

Piatek juga terlibat atas gol kedua Rossonerri yang disumbangkan oleh Samu Castillejo. Satu gol sisa Milan lainnya dicetak oleh Theo Hernandez. Di babak 8 Besar, Milan bakal berjumpa dengan Torino yang lebih dulu lolos dengan kemenangan adu penalti 5-3 atas Genoa.

Adapun sukses Milan tampil apik dikarenakan para pemain terlihat nyama dengan formasi 4-4-2 yang kini menjadi andalan Pioli. Dengan formasi tersebut, Milan sudah mengantongi dua kemenangan beruntun.

Keputusan Pioli beralih dari formasi 4-3-3 menjadi 4-4-2 membuat penampilan Milan menjadi lebih dinamis. Kini, mereka juga sangat mengandalkan sektor sayap dalam membangun serangan. Saat formasi 4-3-3, Milan hanya menang tiga kali, empat imbang, dan empat kali kalah.

“Posisi di atas lapangan tidak pernah statis, ini semua tentang ruang yang Anda tempati dan kami perlu menutup celah di seluruh lapangan pada saat yang tepat. Kami banyak melakukannya hari ini dan menciptakan banyak peluang mencetak gol,” tutur Pioli.

“Selain sistem, suka atau tidak, yang penting adalah konsep sepakbola. Kami membuat bek sayap menjadi lebih maju untuk menciptakan superioritas di sektor sayap. Sangat penting bahwa kami bermain dengan intensitas tinggi,” pungkasnya. (wol/aa/fbi/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL