_
Home / Medan / Mau Dideportasi, WN Jerman Divonis 11 Bulan Penjara Karena Miliki Ganja
WN Jerman Divonis 11 Bulan Penjara Karena Miliki Ganja. (WOL Photo/Ryan)

Mau Dideportasi, WN Jerman Divonis 11 Bulan Penjara Karena Miliki Ganja

MEDAN, Waspada.co.id – Memiliki ganja kurang lebih 1 Ons, Pengadilan Negeri Medan menjatuhi hukuman penjara 11 bulan kepada terdakwa Bernd Ulrich Heumann (39), warga negara Jerman.

Dalam amar putusan, Majelis Hakim yang diketuai Tengku Oyong menuturkan, bahwa terdakwa terbukti melanggar pasal 112 ayat 1 jo 132 ayat 1 UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Putusan, sebagai mana di atur dalam pasal 112 maka dengan ini, terdakwa dijatuhi hukuman 11 bulan penjara,” tutur Hakim, di Ruang Cakra VII, Selasa (28/1).

Hakim berpendapat, hal yang memberatkan terdakwa, karena bertentangan dengan program pemerintah.

“Dan yang meringankan, terdakwa berperilaku sopan dalam persidangan, tidak pernah dihukum, dan merasa kalau di Indonesia ganja itu tidak dilarang karena di negara Jerman diperbolehkan,” ucap hakim.

Diketahui, putusan yang diberikan hakim lebih rendah dari tuntutan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum. Pasalnya, JPU meminta majelis hakim untuk menjatuhi hukuman 1 tahun 4 bulan penjara kepada terdakwa.

Berdasarkan pantauan Waspada Online, sebelum majelis hakim mengambil keputusan, Penasihat Hukum (PH) terdakwa memberikan sebuah surat dari pemerintah Jerman. “Pemerintah Jerman menyerahkan surat permohonan agar terdakwa dikurangi hukumnya mengingat terdakwa mau di deportasi,” ucap Oyong.

Berdasarkan kesaksian sebelumnya, terdakwa mengaku mendapatkan ganja dari seorang pengamen, dengan membayar Rp300 ribu. “Ganja itu, digunakan untuk obat pening dan obat stres,” ucap terdakwa.

Saat ditanya oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) S. Putra, apakah terdakwa mengetahui, ganja merupakan barang terlarang dan perbuatan terdakwa telah melanggar undang-undang.

Menjawab pertanyaan JPU, terdakwa hanya mengangguk, tanda mengerti, sambil menambahkan jika di negaranya, mengisap ganja tidak dilarang dan bukan perbuatan melanggar hukum. (wol/ryan/data3)

Editor: Agus Utama

Check Also

BNN Tangkap Oknum Polisi dan 3 Tersangka Pemilik Sabu 10 Kg dan 60 Ribu Ekstasi

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia menggagalkan peredaran sabu seberat 10 kg ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.