Kondisi SMAN 1 Simangambat Memperihatinkan

WOL Photo

PALUTA, Waspada.co.id – Sungguh miris keadaan SMA Negeri 1 Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta). Sekolah yang seharusnya menjadi tempat belajar mengajar anak-anak bangsa kondisinya sangat memperihatinkan.

Pasalnya banyaknya ruangan kelas yang tak layak untuk proses belajar mengajar, di mana lantai ruangan kelas amblas, asbes berjatuhan, kaca jendela yang berpecahan dan ada juga atap seng bercopotan. Hal ini di perparah lagi dengan kamar mandi serta wc yang tidak layak pakai lagi.

Salah seorang wali murid Aslomoan Nasution (49) membenarkan, kurang perhatiannya Pemkab Paluta terhadap bangunan SMAN 1 Simangambat. Banyak ruangan yang tidak layak dan beberapa atap sekolah pada rusak. “Sewaktu-waktu dapat membahayakan anak anak kami,” katanya, Jumat (24/1).

Senada dengan itu, orang tua siswa lainnya yang anaknya duduk di Kelas 3 Riski Sanjaya Hasibuan (44) mengatakan kepada Waspada Online, air di sekolah ini tidak ada. “Selain itu, mutu pendidikannya dan sering truk pengangkut sawit lewat di halaman sekolah, jadi sangat membahayakan anak-anak kami,” bebernya.

“Jadi harapan kami sebagai masyarat kecil, tolonglah pada pemerintah agar memperhatikan mutu pendidikan anak-anak kami. Apalagi ini kan SMA Negeri 1, malu kita jika tidak ada kualitasnya,” tambahnya.

Guna mencari tahu penyebab kondisi sekolah, awak media menemui kepala sekolah. Namun kedatangan disambut oleh Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Simangambat Amron Hasibuan. Ia pun membenarkan bahwasanya gedung sekolah tempat dia mengabdi sudah banyak yang rusak parah dan tidak dapat dipergunakan dengan semestinya.

“Kita sudah beberapa kali mengajukan proposal untuk perbaikan dan nyatanya permohonan kita tidak pernah terealisasi sampe sekarang,” pungkasnya.(wol/bon/data2)

Editor: SASTROY BANGUN