_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Jokowi Akan Resmikan Jalur Layang KA Bandara Kualanamu
WOL Photo

Jokowi Akan Resmikan Jalur Layang KA Bandara Kualanamu

MEDAN, Waspada.co.id – Jalur layang KA Medan- Kualanamu sepanjang 10,8 kilometer diharapkan menjadi moda pilihan bagi masyarakat yang ingin menuju bandara.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi saat membuka secara resmi Forum Group Discussion (FGD) Jalan Layang Kereta Api di Stasiun Medan, Sabtu (4/1).

“Kota Medan memiliki jalur layang kereta api sepanjang 10,8 KM yang bisa menjadikan lalu lintas lancar dan diharapkan jalur layang tersebut dapat segera beroperasi,” tuturnya.

Direncanakan, Presiden RI, Joko Widodo akan meresmikan jalur layar Bandara Kualanamu pada Januari 2020. “Kami sudah mengirim surat ke Bapak Presiden Jokowi. Dan kita harapkan di Januari atau Februari 2020 mendatang, Bapak Jokowi dapat hadir untuk meresmikannya,” terangnya.

Sekarang memang sudah resmi dijalankan dan masyarakat dapat menggunakan moda kereta api ke Kualanamu sehingga mengurangi menggunakan kendaraan pribadi, mengurangi kemacetan juga.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub RI, Zulfikri, bahwa pembangunan jalur layang KA sepanjang 10,8 kilometer ini dengan pembiayaan APBN/SBSN tahun jamak dimulai 2015 sampai 2019. Dengan alokasi anggaran sebesar Rp2,86 triliun.

“Di mana selain untuk pembangunan jalur layang, juga modernisasi Stasiun Medan, Pulo Brayan dan pemasangan peralatan pendukung pelayanan di Stasiun Medan dan untuk pembangunan jalur ganda at grade sepanjang 22 kilometer,” tambahnya.

“Dan masuk paket seperti pembangunan Stasiun Aras Kabu, Stasiun Batang Kuis dan Stasiun Bandar Khalifah. Dengan pembangunan elevated double track ini telah menghilangkan 9 titik perlintasan sebidang di jalur tersebut,” tandasnya. (wol/eko/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Pemerintah AS Dukung Pembangunan Infrastruktur Transportasi Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Sebagai bagian dari dukungan pemerintah AS untuk infrastruktur transportasi di Indonesia, Departemen ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.