Dunia Berkabung Kehilangan Kobe Bryant

Foto: Legenda NBA Asal Amerika Serikat, Kobe Bryant Meninggal Dunia (AP)

LOS ANGELES, Waspada.co.id – Meninggalnya legenda NBA asal Amerika Serikat, Kobe Bryant, membuat jagat NBA bahkan dunia merasakan duka yang sangat mendalam. Kabar duka yang mengejutkan itu hadir pada Senin (27/1).

Situs berita TMZ mengabarkan bahwa Kobe Bryant mengalami kecelakaan helikopter di Calabasas, Los Angeles. Dilaporkan ada sembilan korban, di mana Kobe dan putrinya, Gianna Maria-Onore Bryant, turut meninggal dunia.

Di NBA, Kobe yang biasa dijuluki Black Mamba termasuk legenda dan salah satu pemain terbaik di dunia. Semasa karirnya, Kobe tercatat menyumbang lima cincin juara NBA untuk LA Lakers, dua emas Olimpiade bersama Timnas AS, dan 18 kali menjadi NBA All Star.

Kabar duka Kobe Bryant ini tentu sangat memukul semua insan basket NBA. Kabar ini pun langsung menuai reaksi dari sesama legenda, maupun para pemain yang masih aktif bermain di kompetisi tersebut.

Di dunia, Kobe akan lebih dikenang karena kemampuannya menginspirasi orang bermain basket dan berkompetisi sebaik mungkin. Ia sangat murah hati dalam membagikan pemikiran-pemikirannya dan menjadikan hal ini sebagai misinya, yaitu berbagi dengan generasi masa depan. Kobe juga bahagia membagikan rasa cintanya pada basket ke Gianna.

“Saya syok mendengar kabar berpulangnya Kobe dan Gianna. Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan luka yang saya rasakan. Saya sayang pada Kobe — dia seperti adik saya sendiri. Kami sering berbincang dan saya akan merindukan percakapan kami. Ia adalah pesaing yang hebat, salah satu raksasa di dunia basket dan juga dorongan yang luar biasa. Kobe juga seorang ayah yang sangat mencintai keluarganya — dan juga bangga pada kecintaan putrinya untuk basket,” begitu pernyataan legenda NBA lainnya, Michael ‘Air’ Jordan.

Sebaliknya, Shaquille O’Neal yang juga rekan setim Kobe di Lakers menulis “Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan rasa sakit yang saya rasakan dengan tragedi ini, kehilangan keponakan saya Gigi dan saudara saya Kobe Bryant. Saya sayang padamu dan kamu akan dirindukan. Belasungkawa saya untuk keluarga Bryant dan keluarga penumpang lainnya di helikopter tersebut.” (wol/aa/nba/dm/data3)

editor: AUSTIN TUMENGKOL