_
Home / Ragam / Hiburan / Disneyland Hong Kong Ditutup Gara-gara Penyebaran Virus Corona
Foto: Disneyland di Hong Kong ditutup mulai Minggu (26/1) menyusul penyebaran virus Corona. (AFP/Aaron Tam)

Disneyland Hong Kong Ditutup Gara-gara Penyebaran Virus Corona

HONG KONG, Waspada.co.id – Tempat wisata Disneyland di Hong Kong diumumkan tutup mulai Minggu (26/1) sampai batas waktu yang belum ditentukan, menyusul penyebaran virus Corona dari China. Pada Sabtu (25/1), pemerintah setempat telah menetapkan status darurat terkait virus tersebut.

Pihak Disneyland Hong Kong mengatakan mereka mengambil langkah untuk melindungi ‘kesehatan dan keamanan pengunjung dan para karyawan’. Mereka juga menyebut akan mengembalikan uang pengunjung yang sudah membeli tiket sejak jauh-jauh hari.

Tak hanya Disneyland, Ocean Park yang juga merupakan taman bermain di pusat Hong Kong, juga tutup. Sebelumnya, Disneyland Shanghai, China ditutup sejak Sabtu (25/1).

Status darurat yang diputuskan oleh pemerintah menjadi peringatan tertinggi. Tak lama, mereka segera mengumumkan mengambil langkah-langkah pencegahan risiko infeksi.

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam sempat menuai kritik karena dinilai tak mengindahkan seruan untuk menghentikan atau membatasi para pendatang. Pasalnya, dari lima orang yang positif terjangkit virus Corona, empat di antaranya tiba di Hong Kong usai menumpangi kereta api cepat dari China.

Saat itu, Lam menolak menutup perbatasan. Ia mengatakan krisis belum sampai pada titik yang membutuhkan keputusan drastis.

Kini, ia menegaskan semua orang yang melewati perbatasan Hong Kong harus menandatangani formulir pernyataan kesehatan.

Pada Minggu (26/1), Macau mengumumkan tiga kasus virus Corona baru yang menjangkiti wanita yang datang dari pusat kota Wuhan. Salah seorang wanita disebut pihak berwenang tiba di Macau melalui Hong Kong.

Hong Kong memiliki pengalaman buruk tentang wabah virus yang mematikan. Pada 2003, hampir 300 orang meninggal akibat SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Hal itu meninggalkan trauma mendalam di salah satu tempat paling padat penduduk tersebut. (cnnindonesia/ags/data3)

Check Also

Tangkal Corona, India Pindai Penumpang dari Indonesia dan 9 Negara Lain

NEW DELHI, Waspada.co.id – Direktorat Jenderal Penerbangan Komersial India (DGCA) telah menerapkan kebijakan untuk memindai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.