Diduga Bangunan Ruang Kelas Baru SDN 101770 Jambu Tonang Asal Jadi

WOL Photo
Iklan

PALUTA, Waspada.co.id – Pembangunan dua Ruang Kelas Baru (RKB) SDN 101770 Jambu Tonang Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) telah selesai pengerjaannya.

Raja Hasibuan (25) warga Desa Jambu Tonang sekaligus salah satu tokoh pemuda di Kecamatan Ujung Batu mengatakan pada wartawan bahwa pembangunan ruang kelas baru diduga dikerjakan asal jadi.

Sumber dana RKB tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019 senilai Rp.385.435.200. Material dan bentuk konstruksi bangunan diduga tidak sesuai dengan ketentuan sebenarnya.

“Kami punya data yang sebenarnya. Pondasi, tanah timbunan maupun besi anker tidak sesuai dengan yang kami ketahui,” ungkapnya, Jumat (17/1).

Diapun bersama warga lainnya berencana melaporkan hal tersebut pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Paluta. Sebab, Kejari Paluta terlibat dalam hal pengawasan pembangunan itu melalui TP4D seperti yang tercantum di papan informasi bangunan.

iklan

Kepala SDN 101770 Jambu Tonang, Hasan Hasibuan, mengatakan memang ada masalah dalam pembangunan ruang kelas baru di sekolahnya. Pihak ketiga pelaksana pembangunan tidak bersedia menyelesaikan pekerjaan.

“Akhirnya pihak sekolah menyelesaikan pekerjaan atas perintah dari Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas Utara,” jelasnya.(wol/bon/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan