_
Home / Medan / Butong: Penyebaran Virus Corona Influenza Harus Ditanggapi Serius
Anggota Komisi II DPRD Medan, Surianto SH (WOL Photo)

Butong: Penyebaran Virus Corona Influenza Harus Ditanggapi Serius

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota Komisi II DPRD Medan Surianto SH, meminta Dinas Kesehatan Medan agar segera mengambil langkah pencegahan atas merebaknya virus corona influenza baru-baru ini. Pasalnya penyebaran virus tersebut diduga bisa melalui udara, dengan ditandai gejala-gelaja mirip dengan demam pada umumnya.

“Kita minta Plt Wali Kota Medan segera membuat surat edaran terkait virus tersebut. Pencegahan itu harus segera dilakukan, agar masyarakat Kota Medan terhindar dari penyakit yang belum ditemukan obatnya itu,” ucapnya, Senin (27/1).

Pria yang akrab disapa Butong ini menjelaskan, dari sejumlah artikel yang ia baca, Kementerian Kesehatan sudah menjelaskan kepada publik bahwa virus corona ini merupakan jenis virus influenza yang serius. Dan metode pencegahannya adalah dengan menjaga tenggorokan tetap lembab, jangan sampai tenggorokan mengering.

“Yang saya baca katanya jangan menahan haus. Kalau tenggorokan kering, virus akan menyerang ke dalam tubuh dalam waktu singkat. Hindari makanan yang digoreng, pedas dan selalu konsumsi vitamin c. Selanjutnya minum air hangat dan jika kita pergi ke tempat keramaian, gunakan masker,” sarannya.

Bak gayung bersambut, Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution langsung menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan Kota Medan segera melakukan antisipasi penyebaran virus corona. Mengingat virus tersebut sudah menyerang total Kota Wuhan China, dan sejumlah negara tetangga seperti Thailand, Hongkong, Macau, Vietnam, Singapura dan Malaysia.

“Saya minta Dinas Kesehatan segera lakukan langkah antisipasi, kita tidak mau warga Kota Medan terserang virus corona. Selain melakukan sosialisasi informasi yang benar kepada masyarakat tentang pencegahan virus corona, Dinas Kesehatan juga harus menyiapkan sarana dan fasilitas kesehatan. Dengandemikian jika ada warga yang terkena virus corona, secepatnya langsung ditangani,” tegas Akhyar.

Selain itu, lanjut Plt Wali Kota, Dinas Kesehatan juga harus membuat surat edaran kepada jejaring fasilits layanan kesehatan di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Medan. Kemudian melakukan rapat koordinasi Dinas Kesehatan dengan lintas sektor terkait dengan kewaspadaan dini menghadapi virus corona.

“Saya minta masyarakat tidak panik, tingkatkan kewaspadaan, terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas. Jika mengalami gejala seperti ini, masyarakat harus segera mencari pertolongan ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat lainnya,” pesannya.(wol/mrz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Puluhan Jemaat Gereja Korsel Terinfeksi Corona, Pemerintah Kerahkan Personil Medis

DAEGU, Waspada.co.id – Sebuah gereja di Korea Selatan disebut menjadi sumber penyebaran virus corona. Dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.