Butong Ajak Warga Jangan Buang Sampah Sembarangan

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota DPRD Medan dari Fraksi Partai Gerindra, Surianto SH, belum lama ini kembali mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan Nomor 6/2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Jalan Pasar Nipon Lingkungan VI Kelurahan Payapasir Kecamatan Medan Marelan.

Di mana ia berharap, dengan adanya perda tersebut, mampu menimbulkan kepedulian masyarakat untuk menjaga kebersihan dan lingkungan di Kota Medan.

“Untuk kesekian kalinya saya mensosialisasikan Perda 6/2015 tentang Pengelolaan Persampahan ini di Kecamatan Medan Marelan. Saya berharap dan mungkin kita semua juga menginginkan, Medan bebas sampah. Dan itu butuh komitemen bersama,” ucapnya di hadapan audiensi yang hadir, Sabtu (18/1) lalu.

Butong sapaan akrabnya mengatakan, membebaskan Medan dari sampah tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh peran serta dan konsistensi serta komitmen dari semua pihak. Salah satunya dengan mengetahui dan memahami aturan yang diberlakukan.

“Kalau sudah begitu, saya yakin masyarakat akan berpikir ulang untuk membuang sampah sembarangan karena takut terkena ancaman denda dan pidana,” ujarnya.

Lebih lanjut Butong menambahkan, setiap anggota dewan yang turut mensosialisasikan Perda 6/2015 tentang Pengelolaan Persampahan ini, bukan hanya sekedar penyampaian, tetapi untuk memberikan pemahaman dan menyadarkan kita semua bahwa kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan kata lain, mewadahi sampah yang kita hasilkan dan tidak membuangnya ke parit maupun aliran sungai.

“Ada sanksi bagi individu yang membuang sampah sembarangan. Denda Rp10 juta atau kurungan 3 bulan. Sedangkan badan, lembaga maupun instansi dikenakan denda Rp50 juta,” bebernya.

Ada sanksi, lanjut Butong, ada pula imbalan. Warga yang berani melaporkan tindakan oknum atau lembaga yang membuang sampah sembarangan dengan disertai bukti yang jelas, akan dapat apresiasi dari Pemko Medan.

“Jadi kita sama-sama saling mengawasi demi kebaikan. Saya berharap, timbul kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan kota kita ini,” pungkasnya.(wol/mrz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN