Basarnas Uji Seleksi CPNS Gunakan CAT

Basarnas Uji Seleksi CPNS Gunakan Computer Assisted Test (CAT). (WOL Photo)

MEDAN, Waspada.co.id – Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan (KPP Medan) atau Basarnas sedang mempersiapkan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Kantor Regional VI, Jalan TB Simatupang, Medan.

Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono, mengatakan ujian CPNS ini dilakukan menggunakan CAT, yaitu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang dibeli untuk mendapatkan nilai minimal berdasarkan Standar Kompetensi Dasar (SKD) yang telah disetujui Kementerian Pendayagunaan Negara Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia.

“Dalam hal ini KPP Medan bekerja sama dengan BKN. Peserta CPNS sebelumnya yang lulus seleksi menerima 279 orang,” katanya, Kamis (30/1).

Toto menjelaskan, pilihan CPNS ini merupakan sinyal positif karena selama ini pihaknya sangat mengandalkan sumber daya manusia (SDM).

“Ini merupakan sinyal positif bagi kami. Kita melihat Sumatera Utara memiliki 33 kabupaten dan kota dengan jumlah penduduk sekitar 14 juta jiwa. Sementara kita hanya memiliki personel 110 orang. Makanya seleksi ini sangat membantu kami,” jelasnya.

Menurutnya, pilihan CPNS ini merupakan angin segar karena mereka sangat membutuhkan personel untuk tugas-tugas di lapangan.

“Kita melihat komunitas amino ikut CPNS sangat antusias sekali. Ada 279 yang mendaftar secara online dan ini termasuk sangat tinggi,” ungkapnya.

Toto berharap, dengan kehadiran anggota baru yang dapat menambah kepribadian mereka di lapangan.

“Harapan kita dengan kehadiran CPNS ini akan menambah kekuatan kita dan akan meningkatkan layanan kita kepada masyarakat karena kita menambahkan. Selain itu, tugas Basarnas ini adalah tugas mulia untuk masyarakat,” ucapnya.

Dalam formasi baru, KPP Medan membutuhkan 27 orang. Para peserta yang lulus akan dialokasikan di wilayah kerja KPP Medan dengan alokasi sebagai berikut:

– Penyelamat pemula: 7 orang

– Bosun: 1 orang

– Juru Minyak: 3 orang

– Juru Mudi: 3 orang

– Kelasi Kelas II: 2 orang

– KKM Kapal Kelas IV: 1 orang

– Mandor Kamar Mesin: 2 orang

– Masinis I: 2 orang

– Masinis II: 2 orang

– Mualim I: 2 orang

– Mualim II: 2 orang.(wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN