4 Tips Jitu Berburu Lowongan Kerja di Medan

foto istimewa

MEDAN, Waspada.co.id – Pertumbuhan ekonomi dan bisnis di kota Medan terus melaju dengan angka yang menjanjikan. Sesuai catatan Badan Pusat Statistik Kota Medan, pertumbuhan ekonomi Medan mencapai angka 5,92% pada 2018.

Sebagai dampak dari pertumbuhan pesat ini, lowongan kerja alias loker di Medan pun terus bertambah dan peluang yang ada jadi semakin menarik. Namun, kamu juga harus taktis dan bijak saat berburu loker Medan supaya bisa mendapatkan peluang karier yang paling menarik dan menguntungkan buatmu. Simak di bawah ini, ya!

1. Lengkapi Data-data dan dokumenmu sebelum berburu informasi loker terbaru, pastikan dulu semua data dan dokumen penting sudah kamu siapkan. Data dan dokumen yang kamu perlukan antara lain CV dan foto terbaru, daftar referensi yang bisa dihubungi, serta surat lamaran untuk perusahaan.

Kamu juga mungkin perlu memperbarui atau merapikan portofoliomu supaya tetap relevan dan menarik bagi rekruter.

2. Gunakan situs lowongan kerja terpercaya, agar pencarian kerjamu lebih aman dan efektif, sebaiknya gunakan situs lowongan kerja terpercaya seperti Glints yang menyediakan berbagai info lowongan kerja terbaru di Medan.

Dengan berburu loker dari situs yang sudah dipercaya, kamu bisa meminimalisir kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, situs lowongan kerja yang terpercaya tentunya menawarkan banyak peluang di perusahaan-perusahaan yang menarik. Kamu jadi punya kesempatan lebih besar untuk mengembangkan skill, memperluas jaringan, serta menambah pengalaman profesional.

3. Ketahui bidang atau industri yang sedang berkembang, supaya sukses mendapatkan pekerjaan di kota Medan, kamu harus tahu bidang serta industri apa yang berkembang pesat saat ini.

Dilihat dari pertumbuhan bisnis dan ekonomi Medan, tahun ini ada banyak peluang untuk berkarier di bidang sales dan business development. Ini berkat suburnya pertumbuhan bisnis baru di kota Medan.

Bisnis-bisnis baru ini sangat membutuhkan tenaga sales untuk mendorong penjualan dan tenaga business development untuk melahirkan ide serta strategi bisnis yang menguntungkan.

Selain di bidang sales dan business development, kamu yang tertarik membangun karier di bidang konstruksi dan industri pengolahan juga punya peluang besar di Medan.

Berkat laju ekonomi yang subur dalam bidang konstruksi dan industri pengolahan, lowongan kerja teknik dan TI (teknologi informasi) di Medan juga terus bertambah saat ini.

Apalagi hampir semua industri sekarang sudah mulai memanfaatkan teknologi digital. Oleh karenanya, tenaga ahli teknik dan TI sangat dibutuhkan di Medan untuk memenuhi tuntutan zaman.

4. Asah kemampuan dan keterampilanmu, berburu loker dan mengharapkan panggilan kerja saja tak cukup, lho. Supaya kamu bisa mendapatkan peluang karier yang paling menarik, kamu juga harus mengasah kemampuan dan keterampilanmu di bidang yang kamu inginkan.

Kamu bisa mencoba ikut kursus, baik itu online maupun kelas offline. Selain menambah skill, ikut kursus juga bisa membantumu memperluas jaringan dan kontak. Kamu bisa belajar langsung dari ahlinya dan berkenalan dengan orang-orang yang berkecimpung dalam industri pekerjaanmu.

Dengan begitu, mendapatkan pekerjaan yang cocok pun bisa jadi lebih mudah. Jadi setelah mengetahui tips-tips di atas, sudah siapkah kamu untuk mengembangkan diri dan berkarier di kota Medan? Yuk, mulai cari kerja di Medan sekarang. Jangan ragu untuk mencoba, ya!(wol/data2)

Editor: SASTROY BANGUN