_
Home / Sumut / Zakat ASN Pemprovsu Terkumpul Rp5 Miliar
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Zakat ASN Pemprovsu Terkumpul Rp5 Miliar

MEDAN, Waspada.co.id – Zakat penghasilan dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) terkumpul sekira Rp5 miliar, sejak diberlakukannya pemotongan Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) pada April lalu.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumut pun mengapresiasi capaian ini. Demikian terungkap pada penutupan Pembinaan dan Evaluasi Baznas di Gedung Asrama Haji Medan, Kamis (5/12). Hadir di antaranya Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi, Wakil Ketua Baznas RI Zainulbahar Noor, dan Ketua Baznas Sumut Amansyah Nasution.

Dalam pidatonya, Gubernur berharap ke depan akan lebih banyak lagi zakat yang berhasil dikumpulkan, baik dari ASN maupun masyarakat. Alhasil, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemakmuran umat.

“Ada sekitar 11 juta masyarakat muslim di Sumut dan 5 juta itu masih tergolong masyarakat kurang mampu. Bila semua orang yang berkewajiban berzakat membayar zakatnya, aka, masyarakat yang kurang mampu itu akan terbantu. Zakat dari ASN Pemprovsu itu masih sebagian kecil saja,” kata Edy.

Di tahun ini, Baznas Sumut sudah menyalurkan total Rp4.929.751.000 zakat bagi yang membutuhkan seperti bantuan untuk Madrasah Aliyah/SMA Sederajat, masjid, mushala, lembaga pendidikan, bedah rumah, peralatan sekolah, dan guru-guru madrasah di daerah minoritas.

Wakil Ketua Baznas RI, Zainulbahar Noor, menyebutkan ini merupakan start yang bagus untuk kepemimpinan Edy Rahmayadi sebagai Gubsu. Diakui, zakat Rp5 miliar lebih baik dari mayoritas gubernur lain di Indonesia dan karenanya Gubsu mendapat penghargaan dari Baznas pada Agustus lalu.

Dengan start yang seperti ini saya yakin Baznas Provinsi Sumut akan menjadi garda terdepan mengentaskan kemiskinan di sini,” terang Zainulbahar.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Hadiri Perayaan Natal Poldasu, Gubsu “Kita Perlu Sahabat Apapun Agama Kita”

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi menyampaikan pentingnya menjadi sahabat untuk semua ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.